Posted by: yudhos | January 30, 2008

Mendengarkan dengan Telinga dan Hati

Pendengaran merupakan salah satu anugrah yang tidak ternilai dengan ukuran materi apapun,
dengan mendengar banyak yang bisa kita lakukan,bisa mengerti,bisa mengambil keputusan dan lain sebagainya. Ada sedikit fenomena mengenai bagaimana orang mendengar yang saya alami,mendengar dalam konteks ini bukan tuli atau tidak namun mendengar dengan bathin, beberapa waktu berganti ada hal yang menjadi penarik perhatian saya, hal tersebut adalah sosok Ulama di kalangan umat muslim,
apa hubungan antara mendengar  dengan Ulama dan umat muslim ?, baiklah, ada sebuah negara yang bisa dibilang
mayoritas penduduknya adalah umat Muslim,  yang sudah tentu pasti Ulama menjadi panutan bagi mereka, silih berganti para Ulama menjadi sosok idola bagi umat Muslim, tentu saja dengan berbagai gaya yang khas dalam menyampaikan risalah Illahi, hal ini tentu membawa kebaikan bagi umat itu sendiri..namun ternyata ada fenomena yang tidak bisa dimengerti hingga kini, fenomena tersebut adalah cara umat menilai para Ulama, yang menjadi hal kritis adalah mereka lebih mengidolakan sosok ketimbang konten penyampaian risalah, Umat lebih memandang siapa yang bicara ketimbang apa yang dibicarakan, beberapa waktu lalu saya mencoba menyikapi dari kasus yang pernah dialami oleh seorang Ulama, “Poligami” merupakan sebuah hal yang dalam Al-Qur’an sudah tersirat, tentu saja tidak sembarangan orang dapat ber Poligami dalam aturan Islam, namun dengan kedangkalan cara berfikir seakan sosok seorang Ulama tersebut sangat dibenci dengan alasan Poligami adalah sebuah kejahatan, kemudian di lain kasus ada yang mempersoalkan jika seorang khatib memberikan ceramah di sebuah masjid untuk Shalat Jum’at tidak disukai jika Khatib berbicara dengan keras,terlalu panjang Khotbahnya dsb.Bisa dibayangkan betapa dangkalnya sikap seorang umat bila seperti itu. kembalilah mendengarkan dengan baik Ayat Ayat Alloh SWT, pahami apa yang disampaikan. dalam konteks tulisan ini saya tidak mencoba untuk membela siapapun, namun hanya ingin mengajak berpendapat , semoga kita semua di Rahmati Alloh SWT.

Responses

  1. Assalamu’alaikum wr. wb

    Poligami sebenarnya hal yang tidak dilarang oleh Allah SWT. tapi jika seorang melakukan poligami tetapi tidak dapat menafkahi lahir dan batin istrinya itu sama saja dengan menyakiti dan menyiksa istri2 nya. Berdosa seorang wanita yang melarang suami nya ber poligami, tetapi lebih berdosa lagi jika seorang suami tidak dapt adil kepada istri2 nya.

    Menurut riwayat hadist, sebenarnya aturan dalam khutbah jum’at adalah berkhutbah sebentar dan memanjangkan sholat (bacaan nya). Jika seorang khotib berkhutbah sangat lama, sebaiknya jamaah yang mendengarkan tidak usah memberi kode dengan batuk dsb, tetapi sebaik nya mereka tidur karena jika kita memberikan kode kepada khotib, kita akan mengurangi kesempurnaan sholat jum’at kita seperti yang sudah di jelaskan pada hadist yng berkaitan dengan khutbah jum’at.

    Wassalamu’alaikum wr. wb

  2. betul juga pendapat seperti itu, namun yang paling penting adalah pahami apa yang disampaikan, poligami bukan hal yang baru di pandangan islam, meski begitu ia juga bukan hal yang dipermudah. tinggal bagaimana kematangan tiap tiap umat berfikir.

  3. wah pak, buat saya poligami ntu hal yang munafik, rasa cinta dan sayang yang terbagi.
    Ga setuju bgt tuh.

  4. nim :0912503323_xk
    nama :Muhammad Hasmar

    assalamu’alaikum wr wb

    saya setuju pak bahwa poligami itu ada dalam al-Qur’an dan juga pernah dilakukan oleh rasulullah. Yang ketika itu mempunyai banyak istri. Karna Pada waktu itu kebanyakan istri dari sahabat rasul yang mati dalam perang.
    Tapi poligami itu menurut saya tidak baik pak karna umat manusia sekarang hanya mengikuti hawa nafsu saya. Karna jangankan pas punya istri pak, waktu pacaran aja tidak mau pak.

  5. poligami itu sangat dianjurkan pak rasul aja punya banyak istri …….tpi ga bleh jga sih karna cuma sbagai pemuas nafsu doank….

  6. nah..itu ente dah tahu

  7. Nim:0912504131

    poligami itu sangat dianjurkan pak rasul aja punya banyak istri …….tpi ga bleh jga sih karna cuma sbagai pemuas nafsu doank….

  8. Nim : 09125007265

    Soal poligami @ sebenarnya poligami itu bukan sebuah kejahatan tergantung dari seseorang yang ingin berpoligami, apakah dia mendapat izin dari istri pertama dan apakah dia bisa berlaku adil jika dia berpoligami?

    tentang khotib@ betul pak kadang banyak orang malas mendengarkan khotib sedang membacakan khutbah. kadang khutbah yang di sampaikan oleh khotib ada bagusnya buat kita untuk introspeksi diri untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  9. NIM : 0912500725

    yang di atas NIM nya salah.
    yang ini baru betul.

    Soal poligami @ sebenarnya poligami itu bukan sebuah kejahatan tergantung dari seseorang yang ingin berpoligami, apakah dia mendapat izin dari istri pertama dan apakah dia bisa berlaku adil jika dia berpoligami?

    tentang khotib@ betul pak kadang banyak orang malas mendengarkan khotib sedang membacakan khutbah. kadang khutbah yang di sampaikan oleh khotib ada bagusnya buat kita untuk introspeksi diri untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: