Posted by: yudhos | February 29, 2008

Balai Yasa Manggarai

tanggal 6 Mei 2007, saya berdua dengan rony bergegas menuju balai Yasa manggarai jakarta menyusul teman teman kami yang sudah lebih awal datang, pagi itu udara sangat cerah, tepat jam 7 rony sudah sampai depan rumah…bergegaslah kami sambil bawa kamera dan sebagainya, tidak ada yang terlalu formal untuk acara hari itu, namun sebagai anggota dari IRPS kami sebisa mungkin concern dengan pelestarian aset perkeretaapian di negeri tercinta ini, ketika tiba di tempat tujuan, kami disambut oleh staff balai yasa dengan sangat baik,  mereka bercerita banyak tentang kondisi balai yasa saat ini dan seputar cerita mistis..(brrrr..), sebenarnya even kami hari itu adalah untuk melihat keadaan si BON BON, ia adalah kereta listrik (KRL) yang pertama dimiliki oleh pemerintah indonesian, kasihan betul nasib si BON BON ini…sudah karatan mesin rusak…wala seakan dia berkata “aku masih kuat” namun apa daya korosi menggerogoti sebagian besar tubuhnya yang perkasa…si Bon Bon ini akan kami restorasi dan di tempatkan pada tempat yang layak…mengingat ia adalah aset bangsa dan sejarah..berikut adalah sebagian dokumentasinya..:)

si bon bon bonbon dari sisi lain balai yasa manggarai gerbong nr 

 si bongkok yudho dan D301


Responses

  1. selamat siang, saya ingin tanya, kalau ingin berkunjung ke Balai yasa Manggarai apa harus ada surat ijin tertentu?kalau hanya ingin foto2 apakah boleh kalau langsung datang saja?

    terimakasi sebelumnya.

    Yudho :

    Terima Kasih atas kunjungannya, Balai Yasa Manggarai adalah properti PT.KAI yang restricted bagi pihak umum untuk masuk dengan bebas, namun pada kesempatan waktu itu saya dan teman teman dari IRPS bernegoisasi untuk kepentingan restorasi BON BON, sehingga mereka dengan sukacita menyambut niat baik kami, namun sekedar untuk mencoba silahkan mendatangi BALAI YASA MANGGARAI dan cobalah untuk meminta izin dengan Kepala Operasional, namun yang perlu diketahui adalah tidak diperkenankan berlaku tidak baik selama di BALAI YASA MANGGARAI (khususnya) dan BALAI YASA Lainnya, karena akan merugikan diri sendiri.
    Terima Kasih

  2. sebenarnya saya mahasiswa arsitektur yang diberi tugas untuk membangun sebuah bangunan di daerah manggarai, dengan tema tertentu khas manggarai. saya mencba mengambil tema berdasarkan bengkel kereta api. saran dari dosen untuk lebih mengerti apa dan bagaimana “fixing” itu, saya diusulkan untuk mengamati langsung prosesnya di bengkel itu.
    bingung juga sebenernya menjelaskan mksd kedatangan ke sana, tp apakah kira2 akan diterima dengan baik yah??
    terimakasi infonya..

  3. Kalau untuk tugas kuliah saya rasa ndak di persulit, sekedar gambaran untuk siska kira kira seperti ini ” di Balai Yasa sendiri terdapat beberapa Workshop (salah satunya yang ada di gambar atas) yang usianya sangat tua, sebagian besar workshop digunakan untuk perbaikan Gerbong, beberapa bangunan bengkel sudah tidak begitu terawat, namun nanti ketika siska masuk dari pintu depan bangunan ruang staff cukup terawat dengan baik”, saya sendiri tidak terlalu mengerti arsitektur namun kalau saya perhatikan penataan bangunan, bentuk bangunan serta estetika lokasi sangat tertata.

    Good Luck siska,

  4. salam kenal mas yudho, saya ada keinginan ingin berkunjung ke balai yasa manggarai adik dan teman2. keinginan ini berdasarkan dengan ada nya aura mistik yang ada disana, dan beberapa cerita yang pernah saya dengar seperti kereta yang berjalan tanpa masinis dan penumpang, dan pertanyaan dari saya apakah itu semua benar? terima kasih mas Yudho

  5. Salam kenal juga Bobby, mengenai hal mistik saya kurang paham, tapi kira kira menurut feeling saya menimbang usia bangunan dan isi lokasi yang sebagian besar adalah pohon tua dan gerbong eks kecelakaan ,pasti lumayan mengandung hal “begituan”, namun kereta yang berjalan sendiri sepengetahuan saya belum pernah terjadi di area tersebut.

  6. Dengan Hormat,

    Kami dari PT ARMADA LAUTAN TEHNIK “MARINE, INDUSTRIAL, CHEMICAL SUPPLY SERVICE AND MAINTANENCE”
    kalo ingin meawarkan kerja sama untuk maintanence maupun supply spare part lewat mana ya pak?
    Sebelumnya saya ucapakan terima kasih

    ADE FIRDAUS

  7. langsung ke PT.KAI aja..biasanya mungkin ada via lelang pekerjaan

  8. Mr,pandji indra,sy ingin skali shering mgkin menawarkan kerja sama tentang pembuatan kontruksi gerbong KA dijadikan sebuah anggkutan transportasi barang/kendaraan/jenis nya mobil sementara kita beri nama TRAIN CARRIER CAR from INDONESIA (A Firly)

  9. saya mahasiswa tehnik industri….rencananya saya akan kp dibalai yasa manggarai…saya ada ketertarikan dengan sistem perawatan….kira2 untuk data2 yang diperlukan….boleh ga dipublikasikan

  10. boleh tapi sifatnya general saja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: