Posted by: yudhos | June 11, 2008

Dipo Lokomotif Tegal

Dipo Lokomotif tegal adalah salah satu dari sekian dipo lokomotif di pulau jawa, dipo ini tidak
terlalu besar saat ini karena penggunaan dipo ini terbatas hanya untuk perawatan darurat saja,
seperti layaknya dipo lokomotif, dipo loko tegal memiliki turn tabel namun sayangnya kondisi turntable sudah tidak terawat dan cenderung rusak, kemudian beberapa area sekitar dipo sudah di bangun perumaha warga ( koq bisa ya ???),padahal itu masih wilayah PJKA / PT KAI, sehingga tidak heran kalau kita susuri rel yang ada mereka melintas di ruang tamu, kamar mandi ruang tidur dan sebagainya, tidak jauh dari dipo tegal ada sebuah bangunan tua peninggalan perusahaan kereta api belanda, bangunan itu terlihat sangat kokoh dan antik, namun sekali lagi sangat disayangkan karena pihak KAI tidak merawatnya, sehingga banyak sekali kotoran disana sini, sayangnya saya tidak sempat memotret gedung tersebut. dipo tegal ini memiliki aset lokomotif BB200 dan beberapa D301, namun kondisinya sangat memprihatinkan tidak seperti saudara mereka yang berada di dipo semarang dan manggarai.
  

yudho dan bb200  

   


Responses

  1. Wah mas, hobinya bagus bgt.. saya juga suka kereta-keretaan, tapi kayaqnya nggak separah mas..he2:) salam..

  2. sambil menyelam tenggelam😀, saatnya memperhatikan transprotasi yang satu ini

  3. Ayu mudik pake kreta….
    Mudik g?

  4. pak fotnya bgus2 hehehe pengen negh ke tegal….

  5. owh hmmm walpun kumuh tp tetep cinta dooonk …sebagus2nya bis se cangih2nya pesawat railfans tetep sepur no wahid…setuju gak pak????

  6. akur..:D.

  7. heheh pak update truss niyh kekna …………….saya mu ngrapiin blog tapi ga tau caranya buat category gtu jadi gak semua postinganya muncul semua….hehehehehe….

  8. foto2 d atas mengingatkan aku dg DEPO LOKOMOTIF BABAT,,,, d mana skrg sdh hampir hancur, saya g ngerti dg DAOP 8 ttg pemeliharaan aset2nya……… pd hal depo lokomotif babat adalah slh satu depon besar yg d miliki daop 8, gmn DAOP8????????????? jgn bunuh kota babat

  9. itu lok BB 200 08 masih aktif kagak??????????????
    sayang ya!!! apa PT.KAI ga mau ngegugat tanah disitu? kan lumayan kalo jadi lahan hijau!? Hehehehehehehehehehehe!!! Save the earth! Kereta api khand ramah lingkungan alias ga ngabizin lahan! Ga kyk jln raya\ tol🙂

  10. kalo definisi aktif adalah masih untuk trayek sudah ndak, namun kalo definisi mesin masih hidup jawabnya masih. kalo untuk urusan gugat, kayaknya pasti menang KAI (kalo yang bangun bukan pegawai/mantan pegawai KAI), untuk save earth setuju banget tuh…emang harus.

  11. wuihhh
    sayang buanget tuh lok! apa ntar bakal dikanibal sama sodaranya sendiri?
    mangnye sekarang jumlah BB 200 yg masih aktif(bisa jalan) di indonesia berapa biji tuh?

    kalo BB 200 yg mati, apa udah pada dirucat?

    ada ga BB 200 yg mati tapi gak dikanibal sodaranya?:-(

  12. kalo yang masih idup siy paling yang di semarang😀, kalo ttg kanibal , gak tahu juga …he….he….he…

  13. oiya,pengen tau kalo suara mesin BB 200 buatan GM sama gak kayak lok CC 201 buatan GE?
    coz,blom pernah tuh aku naik kereta pake BB 200 atau lok lain buatan GM! sering pake lok GE n` Henchel aja!
    kenapa sih lok baru paling banyak di BD?

  14. Saya rasa karena bandung masih mendominasi sebagai kota wisata, dan trayeknya dekat, namun yogya dah punya cc204 juga koq

  15. kalo suara mesin untuk diesel elektrik dan hidrolik beda tipis, seluruh keluarga diesel punya kemiripan

  16. Setau saya dipo tegal cuma punya dua bauh d301
    Klo untuk BB200 kayaknya punya dipo poncol biasanya buat bantu narik kaligung

  17. D301 memang ada beberapa, namun kondisinya sudah mulai sakit sakitan mas, kalo narik kaligung dalam kaitan apa ya ? bukanya kaligung punya mesin sendiri ?

  18. memang kaligung punya mesin sendiri tapi sudah kurang bagus jadi terkadang dibantu lokomotif, terutama kaligung ekonomi. beberapa kali saya naik kaligung yg dibantu si BB .

  19. pa, boleh ngendarain cc201 g? atw jd masinis’y dch…..????

  20. oie knp klw jlur bndung loko’y srina mogok? ap krn 24 non stop ntu mesin idup mulu…?

  21. saya sendiri baru sekali itu naik kaligung, emang siy mesinnya kasar banget , keliatan kalo udah mulai loyo. jadi bb200 standby terus..😀, moga moga dapet mesin baru deh…mesin truck yang lebih kuat

  22. to apl,

    udah punya SIM untuk cc201 belom😀, kalo belom ya ndak boleh. trus kalo jalur bandung , yang rute mana sering mogok, setahu saya kalo yang sekelas parahyangan dan argo gede jarang mogok, tapi kalo yang bandung kearah tasik dan seterusnya bisa jadi, karena kondisi mesin yang sudah uzur+track menanjak+ gerbong banyak😀

  23. ternyata klo loknya dapet trayek ke timur BD hruz yg kuat ya!
    coz, pazti kesiksa tuh lok!!!
    hehehehehehe:-D

    sayang diBD gak ada lok BB DE!!!
    malah BB 303 47 n 51 di BD udah transmigrasi ke medan tuh!

  24. Betullll😀, makanya kalo rute bandung yang lewat tasik, lebak jero das seterusnya harus fit, kalo perlu double traction.

  25. kenapa pas tanjakan priangan, kereta2 express kayak lodaya, truz turangga n mutiara selatan ke BD tuh ga pernah dicepetin kayak pas nanjaknya??? malah lebih cepet nanjak daripada turunnya???

  26. kalo turun cepet cepet ntar selip, kalo nanjak kelamaan ntar malah merosot

  27. btw mas tau ga kemiringan / gradiennya braphe tuh tanjakan priangan timur??? coz, kok komuter nippon sharyo ga bisa naik situ???:-D

  28. wah aku ndak tahu persis ,presisi nya..kalo ada info boleh juga di bagi

  29. punya info kereta yng di tumpangi Pangeran Diponegora kah…yng mogok gara gara pakai tlumpah / sendal kayu ….kirim donk

  30. sebentar boss, tak carikan dulu

  31. oiya
    pabrik produksinya lok BB 200 alias perusahaan General Motor itu bangkrut loh!!! kata kabar mancanegara di TVONE tuh!
    stw bukanye GM ntuh ada di Canada??? tapi kokdi USA??????????????????

    lha ntar CC 202 gimana dunk????

  32. ntar kalo yang itu …paling Made in madiun😛

  33. wah sayang yah…
    alangkah lebih baiknya kalau dirawat…
    bahkan dimuseumkan bangunan dan diponya….

  34. apa lagi klo setiap jam 00:00 Dipo ini penuh dengan Lokomotif yang membawa Ka Tegal Arum, Ka Cirebon Express, Ka Kaligung dan Ka Ketel Pertamina. Belum Lagi Loko Seri BB dan D yang keliatannya dipo ini sangat Sempit dan terbatas untuk menampung Para Lok Yang Istirahat.

  35. mas, ada ga penerimaan untk PKL di dipo tegal?

  36. PKL ? wah , kalo itu coba tanyakan ke Pak Kepala Stasiun saja langsung..saya kurang mengerti hal tersebut🙂

  37. lumayan bagus turn table dipo lokomotif tegal

  38. Depo lokomotif tegal, tempatku bermain ketika kecil, dulu tamannya indah terawat rapi, pengawas, masinis, stoker yang ramah-ramah sering menyap daku dan bercanda ketika mereka sedang istirahat bertugas.
    Tukang” kayu yang bertugas memasukan dan menata kayu jati sebagai bahan bakar lok uap punya tempat istirahat yang teduh dengan memanfaatkan gerbong yang diletakkan dibawah pohon albasiah, anak-anak seusia daku saat itu, sekitar 7 sampai 10 tahun dibuatkan ayunan dan meja kursi dari bulatan kayu jati. Daku dan teman-teman kadang-kadang siang tertidur dikursi panjang(bantalan rel besi) yang dimanfaatkan untuk bangku, sungguh kenangan indah depo lokomotif tegal.
    Putaran kereta nampak tak terawat lagi, daku dulu belajar ditepi putaran memanfaatkan lampu putaran kereta yang sangat terang untuk belajar.

  39. Bakul sepur kluthuk..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: