Posted by: yudhos | August 29, 2008

Information Security Management

Keamanan itu penting, namun keamanan memiliki dua sisi yang menjadi trade off bagi kita untuk memilih , ” keamanan mengurangi kenyamanan namun kenyamanan belum tentu dalam kondisi aman”, namun tentu saja semua pihak tidak ingin mengalami kerugian dari dampak keamanan yang rapuh, sehingga untuk memahami bahwa hal tersebut perlu, perhatikanlah beberapa faktor dibawah ini :

  • Everybody Has Enemies, tidak ada semua orang yang selalu sependapat tentang seseorang.
  • Every Enemy has one Strength, percayalah orang lain pasti lebih pintar dari kita.
  • Technology Makes Us Vulnerable, Teknologi yang kita miliki tidak sepenuhnya menjamin keamanan yang kita harapkan.

beberapa faktor diatas hanyalah sebagian kecil mengenai hal hal mendasar keamanan informasi, meningkatkan awareness kita terhadap keamanan informasi merupakan keharusan untuk kita bisa melengkapi tujuan dari keamanan informasi yaitu , confidentiality, integrity dan avaliability.


Responses

  1. maaf y pak telat kirimnya…
    mohon agar dimaklumi..

    Tugas sesi 3:

    Spesifikasi PC yang Sesuai Untuk Linux Desktop

    Berikut adalah spesifikasi PC yang sesuai untuk Linux Desktop yang digunakan untuk aktifitas perkantoran, menggunakan OpenOffice 2.xx

    1. Pentium III 400MHz – I GHz, Ram 128 MB, VGA Share, Distro yang dapat digunakan : Zencafe 1.2 D, Zenwalk, Elive 1.0 Stable
    2. Pentium III 400MHz – I GHz, Ram 256 MB, VGA Share, Distro yang dapat digunakan : Zencafe 1.2 D, Ubuntu 7.04 atau dibawahnya
    3. Pentium IV, Ram 128 MB, VGA Share, Distro yang dapat digunakan : Zencafe 1.2 D
    4. Pentium IV , Ram 256 MB, VGA Share, Distro yang dapat digunakan : Ubuntu 7.04, OpenSuse 10.2/10.3
    5. PentiumIV, Ram 512 MB, Distro yang dapat digunakan : Ubuntu 7.04, OpenSuse 10.2/10.3, Ubuntu 7.10, Linuxmint Cassandra/Celena/Daryna

    Berdasarkan kasus lapangan yang telah dicobakan selama ini, pada beberapa komputer Pentium IV dengan Ram 256 MB, kadang bisa diinstall dengan Ubuntu 7.10 namun sering juga terjadi hang pada saat instalasi berjalan. Instalasi menggunakan Ubuntu Alternate

    Tugas sesi 4:

    Ajax:
    Asynchronous JavaScript and XMLHTTP, atau disingkat AJaX, adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability. Ajax merupakan kombinasi dari:
    DOM yang diakses dengan client side scripting language, seperti VBScript dan implementasi ECMAScript seperti JavaScript dan JScript, untuk menampilkan secara dinamis dan berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan
    Objek XMLHTTP dari Microsoft atau XMLHttpRequest yang lebih umum di implementasikan pada beberapa browser. Objek ini berguna sebagai kendaraan pertukaran data asinkronus dengan web server. Pada beberapa framework AJAX, element HTML IFrame lebih dipilih daripada XMLHTTP atau XMLHttpRequest untuk melakukan pertukaran data dengan web server.
    XML umumnya digunakan sebagai dokumen transfer, walaupun format lain juga memungkinkan, seperti HTML, plain text. XML dianjurkan dalam pemakaian teknik AJaX karena kemudahan akses penanganannya dengan memakai DOM
    JSON dapat menjadi pilihan alternatif sebagai dokumen transfer, mengingat JSON adalah JavaScript itu sendiri sehingga penanganannya lebih mudah
    Seperti halnya DHTML, LAMP, atau SPA, Ajax bukanlah teknologi spesifik, melainkan merupakan gabungan dari teknologi yang dipakai bersamaan. Bahkan, teknologi turunan/komposit yang berdasarkan Ajax, seperti AFLAX sudah mulai bermunculan.

    .Net:
    Active Server Pages .NET (sering disingkat sebagai ASP.NET) adalah sebuah teknologi layanan Web dinamis, aplikasi web, dan XML web service yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai pengganti Active Server Pages (ASP) yang telah lama.
    Teknologi ini berbasis .NET Framework dan dibangun di atas Common Language Runtime (CLR), sehingga para programmer dapat menulis kode ASP.NET dengan menggunakan semua bahasa pemrograman .NET, meski yang populer digunakan adalah bahasa C# dan Visual Basic .NET.

    Visual Basic .NET
    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    Langsung ke: navigasi, cari
    Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.
    Versi
    Terdapat tiga buah versi Visual Basic yang dirilis hingga bulan Agustus 2007, yakni:
    [sunting] Visual Basic .NET 2002 (VB 7.0)
    Versi pertama dari Visual Basic .NET adalah Visual Basic .NET 2002 yang dirilis pertama kali pada bulan Februari 2002. Visual Basic .NET 2002 merupakan sebuah bahasa pemrograman visual yang berbasis bahasa BASIC (sama seperti halnya Visual Basic 6.0, tetapi lebih disempurnakan dan lebih berorientasi objek), dan didesain untuk berjalan di atas Microsoft .NET Framework versi 1.0.
    Versi 7.0 ini dirilis bersamaan dengan Visual C# dan ASP.NET. Bahasa C#, yang dianggap sebagai jawaban terhadap Java, mendapatkan perhatian yang lebih banyak dibandingkan dengan VB.NET yang kurang begitu banyak diulas. Hasilnya, sedikit orang di luar komunitas Visual Basic yang memperhatikan VB.NET. Versi pertama ini kurang mendapat sambutan yang bagus dari para programmer, dan pada saat itu, program berbasis Visual Basic 6.0 sedang marak-maraknya dibuat. Para programmer yang mencoba Visual Basic .NET untuk pertama kali akan merasakan bahwa Visual Basic .NET sangatlah berbeda dibandingkan dengan Visual Basic sebelumnya. Contoh yang paling mudah adalah runtime engine yang lebih besar 10 kali lipat dibandingkan Visual Basic 6.0, dan juga meningkatkan beban di memori.
    [sunting] Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1)
    Selanjutnya, pada bulan Maret 2003, Microsoft pun merilis lagi versi yang lebih baru dari Visual Basic .NET, Visual Basic .NET 2003. Versi ini berisi beberapa perbaikan dibandingkan dengan versi sebelumnya, dan aplikasi yang dibuatnya dapat berjalan di atas .NET Framework versi 1.1. Fitur yang ditambahkan adalah dukungan terhadap .NET Compact Framework dan mesin wizard upgrade VB6 ke VB.NET yang telah ditingkatkan. Peningkatan yang lainnya adalah peningkatan pada performa dan keandalan dari Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic itu sendiri, dan juga runtime engine.
    Visual Basic .NET 2003 tersedia dalam beberapa jenis cita rasa: Professional, Enterprise Architect dan Academic Edition. Khusus untuk Visual Basic .NET 2003 Academic Edition, versi tersebut didistribusikan secara gratis untuk beberapa sekolah di dalam setiap negara; versi Professional dan Enterprise Architect merupakan produk komersial.
    [sunting] Visual Basic 2005 (VB 8.0)
    Setelah itu, Microsoft pun berkonsentrasi dalam mengembangkan Microsoft .NET Framework 2.0, dan tentunya alat bantu untuk membangun program di atasnya. Hingga pada tahun 2005, mereka pun merilis versi terbaru dari Visual Basic .NET, yang kali ini disebut dengan Visual Basic 2005 (dengan membuang kata “.NET”), bersama-sama dengan beberapa aplikasi pengembangan lainnya.
    Untuk rilis 2005 ini, Microsoft menambahkan beberapa fitur baru, di antaranya adalah:
    • Edit and Continue
    Fitur ini sebelumnya terdapat di dalam Visual Basic, akan tetapi dihapus di dalam Visual Basic .NET. Dengan keberadaan fitur ini, para programmer dapat memodifikasi kode pada saat program dieksekusi dan melanjutkan proses eksekusi dengan kode yang telah dimodifikasi tersebut.
    • Evaluasi ekspresi pada saat waktu desain
    • Munculnya Pseudo-Namespace “My”, yang menyediakan:
    o Akses yang mudah terhadap beberapa area tertentu dari dalam .NET Framework yang tanpanya membutuhkan kode yang sangat signifikan.
    o Kelas-kelas yang dibuat secara dinamis (khususnya My.Forms).
    • Peningkatan yang dilakukan terhadap konverter kode sumber dari Visual Basic ke Visual Basic .NET.
    • Penggunaan kata kunci (keyword) Using, yang menyederhanakan penggunaan objek-objek yang membutuhkan pola Dispose untuk membebaskan sumber daya yang sudah tidak terpakai.
    • Just My Code, yang menyembunyikan kode reusable yang ditulis oleh alat bantu Integrated Development Environment (IDE) Visual Studio .NET.
    • Pengikatan sumber data (Data Source binding), yang mampu mempermudah pengembangan aplikasi basis data berbasis klien/server.
    Fungsi-fungsi yang tersebut di atas (khususnya My) ditujukan untuk memfokuskan Visual Basic .NET sebagai sebuah platform pengembangan aplikasi secara cepat dan “menjauhkannya” dari bahasa C#.
    Bahasa Visual Basic 2005 memperkenalkan fitur-fitur baru, yakni:
    • Bawaan .NET Framework 2.0:
    o Generics
    o Partial class, sebuah metode yang dapat digunakan untuk mendefinisikan beberapa bagian dari sebuah kelas di dalam sebuah berkas, lalu menambahkan definisinya di lain waktu; sangat berguna khususnya ketika mengintegrasikan kode pengguna dengan kode yang dibuat secara otomatis.
    o Nullable Type
    • Komentar XML yang dapat diproses dengan menggunakan beberapa alat bantu seperti NDoc untuk membuat dokumentasi secara otomatis.
    • Operator overloading
    • Dukungan terhadap tipe data bilangan bulat tak bertanda (unsigned integer) yang umumnya digunakan di dalam bahasa lainnya.
    [sunting] Visual Basic 9.0 (Visual Basic 2008)
    Versi ini merupakan versi terbaru yang dirilis oleh Microsoft pada tanggal 19 November 2007, bersamaan dengan dirilisnya Microsoft Visual C# 2008, Microsoft Visual C++ 2008, dan Microsoft .NET Framework 3.5.
    Dalam versi ini, Microsoft menambahkan banyak fitur baru, termasuk di antaranya adalah:
    • Operator If sekarang merupakan operator ternary (membutuhkan tiga operand), dengan sintaksis If (boolean, nilai, nilai). Ini dimaksudkan untuk mengganti fungsi IIF.
    • Dukungan anonymous types
    • Dukungan terhadap Language Integrated Query (LINQ)
    • Dukungan terhadap ekspresi Lambda
    • Dukungan terhadap literal XML
    • Dukungan terhadap inferensi tipe data.
    [sunting] Hubungan dengan Visual Basic klasik
    Apakah Visual Basic .NET dianggap sebagai sebuah versi Visual Basic atau benar-benar bahasa yang berbeda merupakan sebuah topik perdebatan yang hangat. Hal ini dikarenakan sintaksis bahasa Visual Basic .NET tidak mengalami perubahan yang sangat drastis, dan hanya menambahkan beberapa dukungan fitur baru seperti penanganan eksepsi secara terstruktur dan ekspresi yang bisa di-short-circuit-kan. Dua perubahan tipe data pun terjadi saat berpindah ke Visual Basic .NET. Dibandingkan dengan Visual Basic 6.0, tipe data Integer yang dimiliki oleh Visual Basic .NET memiliki panjang dua kali lebih panjang, dari 16 bit menjadi 32 bit. Selain itu, tipe data Long juga sama-sama berubah menjadi dua kali lipat lebih panjang, dari 32 bit menjadi 64 bit. Bilangan bulat 16-bit dalam Visual Basic .NET dinamakan dengan Short. Lagi pula, desainer GUI Windows Forms yang terdapat di dalam Visual Studio .NET atau Visual Basic .NET memiliki gaya yang sangat mirip dengan editor form Visual Basic klasik.
    Jika sintaksis tidak banyak yang berubah, lain halnya dengan semantik, yang berubah secara signifikan. Visual Basic .NET merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mendukung fitur “Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek” secara penuh, karena memang didukung oleh arsitektur Microsoft .NET Framework, yang mengandung kombinasi dari Common Language Runtime dan Base Class Library. Visual Basic klasik, hanya merupakan sebuah bahasa pemrogaman berbasis objek, yang berjalan di atas arsitektor Component Object Model (COM).
    Perubahan ini telah mengubah banyak asumsi tentang hal yang benar yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan performa dan kemudahan untuk dipelihara. Beberapa fungsi dan pustaka perangkat lunak, yang ada di dalam Visual Basic klasik, kini tidak terdapat di dalam Visual Basic .NET; mungkin masih banyak yang masih terdapat di dalam Visual Basic .NET, tapi tidak seefisien apa yang ditawarkan oleh .NET Framework. Bahkan jika program Visual Basic klasik bisa dikompilasi dengan benar, sebagian besar program Visual Basic klasik harus melalui beberapa proses refactoring untuk mengadopsi fitur bahasa baru secara keseluruhan. Dokumentasi untuk ini pun tersedia di situs Microsoft.

    PHP:
    PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
    Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

    JAVA:
    JAVA : semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

    Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi OOP dan dapat dijalankan berbagai platform sistem operasi. Perkembangan JAVA tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source.
    Namun menurut saya bahasa pemrograman adalah tools untuk mempermudah para programer untuk membuat sebuah program, pada intinya yang bekerja/berpikir adalah seorang programer itu sendiri.

    Java adalah suatu teknologi di dunia software komputer, yang
    merupakan suatu bahasa pemrograman, dan sekaligus suatu platform. Sebagai
    bahasa pemrograman, Java dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat
    tinggi. Java mudah dipelajari, terutama bagi programmer yang telah mengenal
    C/C++. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang
    merupakan paradigma pemrograman masa depan. Sebagai bahasa
    pemrograman Java dirancang menjadi handal dan aman. Java juga dirancang
    agar dapat dijalankan di semua platform. Dan juga dirancang untuk
    menghasilkan aplikasi – aplikasi dengan performansi yang terbaik, seperti
    aplikasi database Oracle 8i/9i yang core-nya dibangun menggunakan bahasa
    pemrograman Java. Sedangkan Java bersifat neutral architecture, karena Java
    Compiler yang digunakan untuk mengkompilasi kode program Java dirancang
    untuk menghasilkan kode yang netral terhadap semua arsitekture perangkat
    keras yang disebut sebagai Java Bytecode.
    Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu:
    Java Virtual Machine (JVM).
    Java Application Programming Interface (Java API).
    Sun membagi arsitektur Java membagi tiga bagian, yaitu:
    Enterprise Java (J2EE) untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem
    tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi.
    Merupakan superset dari Standar Java
    Standar Java (J2SE), ini adalah yang biasa dikenal sebagai bahasa Java.
    Micro Java (J2ME) merupakan subset dari J2SE dan salah satu
    aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk wireless device / mobile
    device.
    Sejarah Java
    Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick
    Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem
    yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa
    komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan
    tidak terikat pada arsitekture tertentu. Mulanya disebut OAK, tetapi
    karena OAK sendiri merupakan nama dari bahasa pemrograman komputer
    yang sudah ada. Maka Sun mengubahnya menjadi Java.
    Sun kemudian meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot
    Java yang mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi
    oleh Netscape yang memungkinkan program Java dijalankan di browser
    Netscape yang kemudian diikuti Internet Explorer. Karena keunikanya
    dan kelebihanya, teknologi Java mulai menarik banyak vendor seperti
    IBM,Symantec, Inprise, dll.
    Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal tahun 1996
    yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1, kemudian JDK
    1.2 yang mulai disebut sebagai versi Java2 karena banyak mengandung
    peningkatan dan perbaikan. Perubahan utama adalah adanyaSwing yang
    merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface ) yang mampu
    menghasilkan window yang portabel. Dan pada tahun 1998 – 1999
    lahirlah teknologi J2EE ( Java 2 Enterprise Edition ) yang berbasis J2SE
    3
    yang diawali dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Java juga
    menjadi lebih cepat populer di lingkungan server side dikarenakan
    kelebihanya di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan
    multithreading. Sedangkan J2ME (Java 2 Micro Edition) dapat
    menghasilkan aplikasi mobile baik games maupun software yang dapat
    dijalankan di peralatan mobile seperti ponsel.
    2. Fitur – Fitur Java yang Menarik
    Beberapa fitur yang ditawarkan Java API antara lain sebagai
    berikut :
    a. Applet
    Program Java yang dapat berjalan di atas browser, yang dapat
    membuat halaman HTML lebih dinamis dan menarik.
    b. Java Networking
    Sekumpulan API (Application Programming Interface) yang
    menyediakan fungsi – fungsi untuk aplikasi – aplikasi jaringan,
    seperti penyediaan akses untuk TCP, UDP, IP Adrress dan URL.
    Tetapi Java Networking tidak menyediakan akses untuk ICMP
    dikarenakan alasan sekuriti dan pada kondidi umum hanya
    administrator ( root ) yang bisa memanfaatkan protokol ICMP.
    c. Java Database Connectivity (JDBC)
    JDBC menyediakan sekumpulan API yang dapat digunakan untuk
    mengakses database seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL,
    Microsoft SQL Server.
    d. Java Security
    Java Security menyediakan sekumpulan API untuk mengatur
    security dari aplikasi Java baik secara high level atau low level,
    seperti public/private key management dan certificates.
    e. Java Swing
    Java Swing menyediakan sekumpulan API untuk membangun
    aplikasi – aplikasi GUI (Graphical User Interface) dan model GUI
    yang diinginkan bisa bermacam – macam, bisa model Java, model
    Motif/CDE atau model yang dependent terhadap platform yang
    digunakan.
    f. Java RMI
    Java RMI menyediakan sekumpulan API untuk membangun
    aplikasi – aplikasi Java yang mirip dengan model RPC (Remote
    4
    Procedure Call) jadi object – object Java bisa di call secara remote
    pada jaringan komputer.
    g. Java 2D/3D
    Java 2D/3D menyediakan sekumpulan API untuk membangun
    grafik – grafik 2D/3D yang menarik dan juga akses ke printer.
    h. Java Server Pages
    Berkembang dari Java Servlet yang digunakan untuk
    menggantikan aplikasi – aplikasi CGI, JSP (Java Server Pages)
    yang mirip ASP dan PHP merupakan alternatif terbaik untuk solusi
    aplikasi Internet.
    i. JNI (Java Native Interface)
    JNI menyediakan sekumpulan API yang digunakan untuk
    mengakses fungsi – fungsi pada library (*.dll atau *.so) yang
    dibuat dengan bahasa pemrograman yang lain seperti C,C++, dan
    Basic.
    j. Java Sound
    Java Sound menyediakan sekumpulan API untuk manipulasi
    sound.
    k. Java IDL + CORBA
    Java IDL (Interface Definition Language) menyediakan dukungan
    Java untuk implementasi CORBA (Common Object Request
    Broker) yang merupakan model distributed-Object untuk solusi
    aplikasi besar di dunia networking.
    l. Java Card
    Java Card utamanya digunakan untuk aplikasi – aplikasi pada
    smart card, yang sederhana wujudnya seperti SIM Card pada
    handphone.
    m. JTAPI (Java Telephony API)
    Java Telepony API menyediakan sekumpulan API untuk
    memanfaatkan devices – devices telepony, sehingga akan cocok
    untuk aplikasi – aplikasi CTI (Computer Telephony Integration)
    yang dibutuhkan seperti ACD (Automatic Call Distribution), PCPBX
    dan lainnya.

    Tugas Sesi 5:

    perbedaan free software dan proprietary software:

    Proprietary:
    Tidak diperkenankan dengan alasan apapun untuk menggunakan perangkat lunak kategori ini tanpa adanya kepemilikan yang sah dalam arti 100% asli. Anda harus mengeluarkan uang agar dapat menggunakan perangkat lunak ini dengan aman dan nyaman.

    Free Software:
    Free Software dikenal juga sebagai Freed Software, Liberated Software (software libre), atau FRS (free redistributably software). Kata “Free” disini bukan berarti bebas tanpa aturan untuk menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan, namun semua itu ada aturan dan syaratnya yang harus dipatuhi oleh pengembang dan penggunanya. Persyaratan tersebut tertuang dalam lisensi yang digunakan oleh Free Software. Jadi, bukan berarti Free Software tidak berlisensi. Kata “Free” disini juga bukan berarti gratis ataupun juga tidak boleh untuk dikomersilkan. Sering kali hal ini sering disalahartikan. Free Software bisa dikomersilkan misalnya dalam bentuk layanan penjualan medianya seperti CD.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: