Posted by: yudhos | September 2, 2008

Konsep Sistem Operasi Sesi 1

Abtraksi :

Sistem Operasi memiliki peranan penting dalam computer system. tanpa adanya sistem operasi akan sangat sulit bagi aplikasi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras. sehingga untuk bisa memahami apa yang disebut sistem operasi, haruslah melihat dari sisi konseptual tentang arsitektur dan manajemen sistem operasi. untuk lebih jelasnya, silahkan unduh file presentasi sistem operasi pada link berikut –>konsep-sistem-operasi-sesi-1


Responses

  1. Linux dapat berinteraksi dengan OS lain melalui 3 cara :
    Quote:
    1 kompabilitas file dan filesystem
    dimana linux dapat mengakses file-file dari sistem operasi yg berbeda
    2. kompabilitas network, didukung Samba dengan SMB protokolnya yg mampu menjembatani Microsoft file sharing & printing.
    Netatalk untuk Apple File & printer sharing
    dan Mars NWE untuk IPX/SPX (novell) file sharing.
    3 emulasi operating system
    Disuport dengan DOSEMU untuk kompabilitas dgn DOS environment, dan WINE untuk windows, Executor (komersial) u/ Machintos, WABI untuk emulasi 16-bit Window 3.1.

    Masalah yang cuman ada di vista dan bukan OS laen?
    aplikasi di vista dan beragam mulai dari aplikasi yang dibuat buat platform winXP hampir semua nya kompatible dengan vista Wink apalagi semenjak update SP1. disamping vendor2 aplikasi juga sudah banyak yang melakukan update untuk aplikaisnya agar lebih bersahabat dengan vista. ya ga mungkin lah (kurang kerjaan kali) mo make misal photoshop 3 di vista.

    Dalam menggunakan operating sebanarnya tergantung kebutuhan aplikasnya, kalau kita hanya menggunakan aplikasi sederhana, maka windows sp2 sudah cukup memadai.

    Tapi kalu kita butuh aplikasi grafis yang kompleks, vista cukup bagus untuk hal itu. Tapi musti diingat bahwa vista cukup boros konsumsi memori, jadi anda mesti siapkan pc yang cukup baik dengan kapasitas yang tinggi.

  2. Bagaimana kompabilitas aplikasi pada OS yang berbeda ……….???

    Jika anda ingin menginstall program-program yang berjalan mulus di Windows XP/2000 pada Windows Vista, sebaiknya anda melakukan Opsi Run as Administrator pada bagian Properties file installer(baik pada ekstensi *.exe maupun *.msi).

    Setelah proses Installasi selesai, anda tinggal melakukan sedikit edit terhadap shortcut program tersebut, dengan cara klik kanan pada Shortcut -> Properties -> masuk ke Tab Compatibility Mode -> centang Run this program Compatibility mode for : -> Pilih Windows XP SP2. Selanjutnya, klik Apply -> OK .

    Sekarang program tersebut sudah berjalan bagaikan di atas platform Windows XP. Hal ini memang dapat diterapkan pada beberapa program yang tidak rumit. Tetapi sayangnya pada beberapa program yang rumit dan lagi-lagi berhubungan dengan hardware/driver, trik ini tidak akan membuahkan hasil.

    Jika kita mendapatkan masalah saat mencoba menjalankan program aplikasi yang didesain untuk Windows versi sebelumnya, XP memiliki Compability Mode yang siap digunakan sehingga memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi lama tersebut dengan menggunakan shell yang sesuai.

    Langkah-langkah:
    1. Cari aplikasi dalam bentuk executable atau shortcut icon yang ingin dijalankan. Pada contoh kita akan coba menjalankan game Hard Hat 2 yang di desain dan di kompilasi di Windows 98.
    2. Klik kanan mouse pada icon, klik Properties.
    3. Saat jendela Properties terbuka, klik tab Compability dan klik Run this program in compability mode for:
    4. Pilih pada daftar versi yang kompatibel dengan aplikasi.
    5. Seringkali kita juga harus menyesuaikan dengan display setting yang dibutuhkan oleh aplikasi.
    6. Klik Ok untuk mengkonfirmasi setting yang kita tentukan.

    JUAN MINOSA
    0711. 503. 730
    KEL. AE

  3. Saat ini tidak ada standar yang dilakukan pemerintah dalam melakukan pertukaran dokumen pemerintahan.“Jika menggunakan propietary dengan Operating System sedikit tidak kompatibel atau maksimal hanya 90 persen kompatibel. Karena ada sejumlah fungsi yang ditutup dalam perangkat propietary,”.

    Demikian pula, kompabilitas misalnya penyesuaian sistem Operating System dengan peralatan baru. “Hardware-nya hanya bisa disupport beberapa vendor terutama propietary.Mereka tidak menyediakan driver atau peralatan penyesuai untuk perangkat Operating System,Sehingga Operating System yang harus menyesuaikan,”

    Untuk mengatasi masalah tersebut,bisa dilakukan kesetaraan sistem terbuka dan tertutup melalui program co-exist. “Momentum kedatangan Bill Gates ke Indonsia seharusnya dimanfaatkan secara keseluruhan. Bahkan, tidak hanya Microsoft, tapi juga Oracle (aplikasi database) dan McIntosh (operating system) bisa membuat aplikasi yang menjembatani pada sistem terbuka agar bisa kompatibel,”.

  4. Saat ini tidak ada standar yang dilakukan pemerintah dalam melakukan pertukaran dokumen pemerintahan.“Jika menggunakan propietary dengan Operating System sedikit tidak kompatibel atau maksimal hanya 90 persen kompatibel. Karena ada sejumlah fungsi yang ditutup dalam perangkat propietary,”.

    Demikian pula, kompabilitas misalnya penyesuaian sistem Operating System dengan peralatan baru. “Hardware-nya hanya bisa disupport beberapa vendor terutama propietary.Mereka tidak menyediakan driver atau peralatan penyesuai untuk perangkat Operating System,Sehingga Operating System yang harus menyesuaikan,”

    Untuk mengatasi masalah tersebut,bisa dilakukan kesetaraan sistem terbuka dan tertutup melalui program co-exist. “Momentum kedatangan Bill Gates ke Indonsia seharusnya dimanfaatkan secara keseluruhan. Bahkan, tidak hanya Microsoft, tapi juga Oracle (aplikasi database) dan McIntosh (operating system) bisa membuat aplikasi yang menjembatani pada sistem terbuka agar bisa kompatibel,”.

    Novita Silvia
    0711502724
    kel. AE

  5. NAMA : Damba Kurnia Putra
    NIM : 0711501858
    KELOMPOK : AE
    MATA KULIAH : Sistem Operasi

    PERTANYAAN
    1. Bagaimana kompabilitas aplikasi pada OS yang berbeda?

    JAWABAN
    Untuk bisa compability OS yang berbeda dengan cara Compability Mode yang ada pada Windows.Caranya:
    1. Klik kanan kanan shortcut atau file application(.exe) dari program yg anda inginkan kemudian pilih Properties.

    2. Setelah muncul jendela Properties, selanjutnya klik tab Compability.

    3. Lihat pada box Compability Mode. Tandai pilihan Run ths Program… kemudian klik menu pulldown yg ada di bawahnya.

    4. Pilih Compability Mode dengan OS yg anda inginkan (sesuaikan juga dengan kompabilitas program anda lalu klik OK jika sudah.

    5. Selanjutnya untuk menjalankan program tersebut menggunakan mode administrator. Caranya klik kanan shortcut atau file application (.exe)
    dari program tersebut kemudian pilih menu Run as Adminiastrator.

  6. Terima Kasih sudah merespon pertanyaan yang diberikan,kemudian untuk kerusakan file PDF yang di download sejauh ini tidak ada, saya coba cek download dari warnet baik baik saja, coba re-download lagi ya.

  7. pak maksud comment yang bapak tulisan itu pa ya pak, saya kurang mengerti?

  8. Maaf sebelumnya karena saya balas koment sekaligus, mungkin membuat bingung. tapi untuk sementara semua argumen mengenai pertanyaan di slide materi kuliah bisa di terima. kemudian untuk kerusakan file PDF yang sudah di download akan saya coba verifikasi lagi. thanks🙂

  9. Bagaimana kompabilitas aplikasi pada OS yang berbeda ……….???

    pada saat kita menginstal suatu aplikasi / software di OS yang tidak cocok dengan aplikasi trsbt, dapat mengakibatkan aplikasi tersebut tidak jln

  10. kompabilitas aplikasi pada OS yang berbeda dapat mengakibatkan suatu aplikasi trsbut tidak akan berjalan, dan walaupun aplikasi tersebut berjalan maka aplikasi tersebut akan berjalan tidak seharusnya ( pincang ), maka aplikasi tersebut dapat merusak system OS yang kt miliki.

  11. Bagaimana kompabilitas aplikasi pada OS yang berbeda ……….???

    dapat mengakibatkan suatu aplikasi/software tersebut tidak akan berjalan, karena hal itu sebabkan tidak competibelitas ( tidak cocok ) antara software / aplikasi kita dengan OS kita

  12. Nama:Putro rohmawan
    NIM : 0711503151
    Kel:AE
    Mata Kuliah : Sistem Operasi

    Bagaimana kompabilitas aplikasi pada OS yang berbeda ?

    mudah saja dengan cara:::.

    1. Klik kanan kanan shortcut dari program yg di inginkan kemudian masuk propertis

    2. Setelah muncul jendela Properties, selanjutnya klik tab Compability.

    3. Lihat pada box Compability Mode. Tandai pilihan Run this Program… kemudian klik menu pulldown yg ada di bawahnya.

    4. Pilih Compability Mode dengan OS yg anda inginkan,misalnya dari XP,vista atau ang lain

    5. Selanjutnya untuk menjalankan program tersebut menggunakan mode administrator. tentu anda tau kan caranya??? hehehehehe =)

    oia pak minal aidin wal faidzin yan mohon mav lahir batin =)

  13. Apa saja kelebihan dan kekurangan windows xp?

    KEUNGGULAN MINDOWS XP

    · Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
    · Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.

    · Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.

    · Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.

    · Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

    KEKURANGAN WINDOWS XP

    · Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.

    · Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.

  14. NIM : 0711500264
    NAMA : DIMAS AGUNG WIBISONO
    KLMPK : AE
    M.KULIAH : SISTEM OPERASI


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: