Posted by: yudhos | September 16, 2008

MIS Sesi 6 (FE-UBL)-Studi Kasus

Perusahaan menggunakan IT/IS sebagai fondasi untuk menjawab tantangan bisnis yang mereka hadapi, dengan begitu solusi bisnis menjadi lebih baik.

berikan opini anda pada fasilitas comment di halaman posting ini (sesuaikan dengan latar belakang keilmuan dan konsep MIS) mengenai studi kasus yang terlampir pada  file berikut :studikasus3 .

NDA :

-Nama perusahaan, merk dagang, produk adalah milik resmi dari pemegan yang bersangkutan.

-studi kasus ini bersifat ilmiah, tidak diperkenankan mencemari nama baik, merugikan pihak lain dan sebagainya.

Selamat ber opini.


Responses

  1. my comment about study casus MIS

    masalah perkembangan IT dalam perusahaan sebenarnya tidaklah terlalu rumit karena bagaimanapun IT dalam perusahaan sangatlah penting dan perlu namun terkadang ada ada pihak-pihak yang salah dalam mengartikan keberadaan IT ini, jadi sebenarnya masalah yang di timbulkan oleh IT adalah cenderung dari sikap individual pemakainya jika seorang pemakai menggunakan IT atas dasar kebutuhan maka ia akan menggunakan dengan sebaik-baiknya namun terkadang ada orang yag menggunakan IT atas dasar permintaan dari atasan nah inilah yang terkadang sulit untuk menerimanya dan kalau pun ia menerima belum tentu digunakan dengan baik jadi disinilah peran kebijakan perusahaan sangat dibutuhkan untuk dapat mengetahui siapa saja yang pantas diberikan Fasilitas IT ini karena sebenarnya tidak semua orang dapat menyikapi keberadaan IT dengan baik.

  2. Menurut saya apa yang di lakukan oleh bsd city dalam pengembangan teknologi digital dalam era teknologi yang belakangan ini berkembang sangat pesat terutama dalam bidang IT merupakan hal yang positif dan kemajuan yang sangat signifikan dalam perkembangan teknologi di indonesia pada umumnya, apalagi dalam ruang lingkup kehidupan masyarakat yang dewasa ini cenderung membutuhkan sesuatu yang baru dan dapat membantu individu -individu dalam beraktifitas, namun dari pada itu adapula kelemahan dalam penerapan erp dalam hal ini adalah masalah budget ( keuangan )karena setahu saya tenologi ini masih “mahal” dan tidak semua perusahaan dapat menerapkan nya, walaupun memang keunggulan yang di rasa sangat mendukung kinerja dalam suatu organisasi maupun dalam suatu perusahaan.
    pertanyaannya?apakah bila suatu perusahaan telah menggunakan system ini dampak apa yang akan di timbulkan secara universal terhadap bagian-bagian atau departemen yang tadinya masih menggunakan manual ( human operation ).namun saya bisa bilang ini adalah kemajuan yang sangat bagus untuk iklim dunia usaha.

    trimakasih.
    0532510021

  3. Good Points, ERP (Enterprise Resource Planning ) merupakan solusi untuk mendukung bisnis perusahaan, namun tentunya harus dipertimbangkan mengenai budget,social impact, productifitas dsb.

  4. bisnis memiliki strategi, begitu juga penggunaan IT perlu adanya strategi, sehingga dalam penerapan IT perlu dikaji tentang human aspect, financial aspect, legal aspect dsb. (untuk Opini Pak Ahmad)

  5. Menurut saya sebuah perusahaan mengimplementasikan suatu Sistem IT , hal ini sangat menunjang/mendukung sekali dalam bisnis secara sistem terbuka ( Open system) maupun sistem tertutup( closed system. Karena dengan IT yang diterapkan tsb sebuah perusahaan dapat mengikuti perkembangan dunia bisnis. Sistem IT dalam perusahaan seharusnya akan berpengaruh besar terhadap perkembang perusahaan tsb.karena secara fungsional IT akan perpengaruh terhadap Ekonomi Internasional, Persaingan Dunia Usaha, Kendala-kendala Sosial,
    Kompleksitas tekhnologi yang semakin meningkat.
    Demikian opini dari kami.
    Terima kasih.

    Juminiyati/0532510229

  6. Menurut study kasus yang saya baca ini, saya setuju sekali dengan adanya program IT / SAP ini, karena :
    1. memperlancar komunikasi & Informasi
    2. menghemat waktu dalam manganalisa data yang akurat.
    3. Memperlancar bisnis baik dalam pengiriman barang maupun menjual barang.

    program ini (SAP ) sangat menguntungkan dapat menunjang perusahaan, memudahkan cara kerja bagi karyawan,Monitoring keuangan, report dll .

    karena perusahaan besar harus memiliki IT / program yang bagus / baik, sehingga dapat memudah kan kontrol di segala bidang yang akhirnya dapat menguntungkan bagi perusahaan

    untuk itu IT di dalam suatu perusahaan khususnya perusahaan besar harus di utamakan / di No.1 kan jangan di pandang remeh.

    Puji Utami – 0532510237

  7. Menurut saya pengguna ERP SAP pada perusahaan yang sudah besar adalah sangat efisien dari segi manajemen. Karena data yang diperlukan tentu saja dapat diperoleh dengan cepat. Sehingga proses untuk melakukan pengambilan keputusan bagi manajer dapat dilakukan dengan cepat dan cermat. Karena data yang diperoleh sangat cepat dan akurat. Suatu keputusan tentu saja harus diambil dari data yang akurat dan cepat. Misalnya saja data tentang stock, apabila data stock di suatu perusahaan terhambat maka proses penjualan-pun akan terganggu, sehingga penjualan akan menurun. Hal ini akan menurunkan tingkat laba. Tapi pembelian dan pelatihan dalam penggunaan sofware ERP SAP ini tentu sangat mahal. Disamping itu kerahasiaan datanya belum tentu dapat terjaga.

  8. saya setuju dengan apa yang di katakan oleh teman saya suryo guritno ( nino ),tentang perkembangan erp dalam dunia usaha saat ini, kaitan dengan apa yang di lakukan BSD sebagai salah satu pengembang dalam bisnis perumahan dan bisnis centre, ini merupakan tonggak berkembangnya teknologi di negara tercinta ini ( yang katanya sudah merdeka )namun masih sangat ketinggalan dalam masalah teknologi,namun jangan lupa dalam setiap penerapan teknologi khususnya yang berbau IT harus mempertimbangkan resiko dan aspek apa saja yang masuk kedalamnya, jangan sampai ini menjadi sesuatu yang membuat banyak orang menjadi menganggur, karena setahu saya tingkat pengangguran di negara kita ini semakin lama semakin membludak jangan biarkan kita di perbudak oleh teknologi?.
    saya yakin dengan berkembangnya teknologi dan dengan apa yang di lakukan oleh BSD akan membuat dampak baik bagi pengembangan usaha di negeri kita. ya setidaknya bisa meningkatkan iklim ekonomi kita.

    bravo
    economic mind

  9. My Opinion about information Technology is most important for business. What ever type of business needs knowledge about IT. Why is business need IT?Because if the users know about IT, makes more easily need information update, and information what the grow up on business and easy to get make more benefit for the business and users. if the users knowing about IT, sometimes people using for a negative about IT. IT can not be stop immediately cos every second, hours, day always growth up about new system or information about technology. And My definition MIS is most important for the business, to manage about financial and also easy to get something what management need it.

    I hope my opinion, can be make for the next new information technology.

    Lenni Novianti
    0351501019

  10. Pendapat saya tentang fondasi IT/IS sebagai solusi yang baik bagi bisnis adalah perusahaan sangat membutuhkan IT/IS untuk mempermudah pekerjaan dan membuat perusahaan tersebut sangat memiliki capatability yang baik di mata klien, konsumen dan investor yang mau menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Perusahaan juga dapat dengan mudah memiliki jaringan/networking yang baik bagi bidang informasi kebutuhan konsumen, link dengan investor dan inovasi-inovasi yang dituangkan dalam program IT/IS yang handal. Perusahaan juga dapat menambah program-program IT/IS yang mutakhir supaya dapat menjawab kebutuhan yang ada dalam perusahaan tersebut bagi dunia bisnis yang berkembang saat ini. Perusahaan juga jangan hanya program IT/IS yang mutakhir melainkan keprofesionalan dari para pengguna yang berada dalam perusahaan tersebut ditunjang dengan kebijakan manajemen yang baik dan pengelolaan yang baik sehingga semua pihak dapat menguntungkan. Perusahaan menjadi bisnis yang dipandang baik dari segi IT/IS dan manajemen yang professional.

    Pak, opininya mungkin kurang sempurna tapi saya yakin dan percaya Bapak Satrio YudhoTHE BEST.

    Septi Evrianty
    0461501103

  11. Saya sependapat dengan opini rekan-rekan saya diatas. Bagaimanapun juga, pada masa ini dan masa yang akan datang IT/IS sangat diperlukan, tidak hanya sebagai professionalisme suatu perusahaan namun juga untuk menunjang sistem operasional perusahaan tersebut sehingga menjadi lebih baik. Namun sayang, melihat individu khususnya di negara kita ini, masih banyak yang belum “melek teknologi”, artinya belum memahami sepenuhnya akan arti dan manfaat suatu IT/IS. Sehingga hal ini menjadi salah satu sebab adanya penolakan dari beberapa individu mengenai IT/IS ini pada perusahaan tempat mereka bernaung. Saya ingin berbagi sedikit pengalaman pribadi saya akan hal ini, saya bekerja pada suatu perusahaan dimana para pegawainya saat itu dapat dikatakan belum “melek teknologi” dan proses operasional perusahaan pun dilakukan dgn manual. Hasilnya, proses pekerjaan memakan waktu, biaya, juga tenaga, sangat tidak efisien bahkan kurang memuaskan konsumen. Namun suatu ketika IT/IS mulai masuk dalam perusahaan, hasilnya luar biasa, akses cepat, akurat, komunikasi dengan satu perusahaan yg berada dari ujung sabang sampai merauke pun lancar dan yang terpenting adalah kepuasan para konsumen. Namun demikian, ada banyak individu yang belum dapat menerima akan hal ini dikarenakan keterbatasannya pada teknologi tsb sehingga muncul aksi protes, namun perusahaan memiliki cara untuk mengatasi hal ini dengan melakukan sosialisasi serta pengarahan akan pentingnya IT/IS tsb secara berkala. Adanya IT/IS tidak selalu menggeser keberadaan individu pd suatu perusahaan. Seperti yang terjadi pd perusahaan tempat saya bekerja, sebaliknya justru perusahaan tsb terus menambah jumlah pegawai karna semakin banyak permintaan dr konsumen. Jadi dapat saya simpulkan bahwa IT/IS sangat penting bagi kelangsungan suatu perusahaan namun juga perlu sekali adanya sosialisasi pada masyarakat akan IT/IS ini. Demikian opini saya, mohon maaf apabila kurang berkenan.

    Terima Kasih,
    Aristy Lisvoni (0631510625)

  12. Good Points Aristy, itu sebabnya perlu adanya sebuah kajian untuk menilai Acceptance dari user terhadap teknologi, hal ini di berdasarkan bahwa dimensi organisasi terdiri dari beberapa elemn.🙂

  13. Menurut pendapat saya, apa yg dilakukan oleh BSD City sudah cukup tepat. Dalam era teknologi yg canggih belakangan ini, hampir pada seluruh kegiatan diperlukan penerapan MIS. dengan demikian efektifitas dan efisiensi kerja dapat dicapai. Dengan penerapan MIS diharapkan semua kegiatan ataupun birokrasi yg rumit dan panjang dapat diatasi. Agar bisnis dpt melaju pesat, perusahaan tidak boleh kalah cepat dlm hal informasi. Jangan lupa semboyan bahwa “waktu adalah uang” tidak akan pernah mati dimakan zaman. Misal dikantor saya. Dengan belasan ribu mahasiswa, kalau tanpa MIS akan kebayang bagaimana rumitnya pengaturan segala informasi. Awal2 dulu, penerapan MIS belum optimal. Pekerjaan menjadi lama terselesaikan, satu pekerjaan memakan waktu cukup lama. Informasi antar unit berjalan manual…Alhamdulillah, beberapa tahun belakangan semuanya terbalik..jangankan info antar unit, info antar kampuspun lancar. Saya sangat merasakan keberadaan MIS. Pekerjaan dapat dengan cepat terselesaikn…
    KO saya jadi curhat ya pak?

    Best Regard
    Yenna Roseva Bur
    0731511168

  14. Pendapat saya tentang software ERP SAP sangatlah baik digunakan dalam setiap perusahaan, terutama untuk perusahaan yang sudah cukup besar dan berkembang, karena EPR SAP dapat memberikan data yang cepat dan cermat juga meningkatkan penyelarasan antara strategi dan operasional, meningkatkan peoduktivitas dan pengetahuan bagi perusahaan, menyediakan kemampuan berdaptasi untuk berubah sesuai tuntutan industri dan masih banyak lagi manfaat yang diberikan oleh software ERP SAP. Namun untuk pembelian software ERP SAP ini tersebut tidaklah murah. Tetapi jika suatu perusahaan menginginkan perusahaannya maju dan berkembang maka perusahaan tersebut akan melakukan sebaik mungkin untuk perusahaannya itu. Oleh karena itu IT di dunia perusahaan sangatlah berpengaruh untuk kemajuan perusahaan tersebut. Demikianlah pendapat dari saya. Terima kasih.

  15. menurut saya IT sangat penting bagi perusahaan,karna IT banyak berperan penting dalam membantu menjalankan oprasional perusahaan,misalnya menganalisis data lebih akurat dan membantu mempromosikan perusahaan dengan baik,sayangnya banyak perusahan yang belum memanfaatkan IT dengan baik,karna banyak perusahaan yang belum mengetahui manfaat IT dalam jangka panjang bagi perusahaan tersebut.

    sekian opini saya,maaf jika ada kesalahan karna keterbatasan ilmu yang saya dapat.

    Pertiwi siwi purwandari ( 0452500042 )

  16. Menurut opini saya :
    IT pada intinya berisi rencana strategis perusahaan dalam mengimplementasikan dan membangun sistem informasi di Perusahaan. Di dalamnya berisi pedoman kebutuhan sistem informasi seperti apa yang diperlukan perusahaan.Yang perlu menjadi catatan penting adalah bahwa IT merupakan turunan dari Business perusahaan. Teknologi informasi diimplementasikan sebagai alat untuk membantu perusahaan dalam mencapai visi dan misinya. Karena itu, tanpa ada visi dan misi yang jelas dari perusahaan, IT juga tidak bisa dibangun.Banyak sekali manfaat IT untuk perusahaan, beberapa di antaranya adalah: Pertama: IT akan menjadi dasar bagi perencanaan perusahaan dalam investasi dan implementasi teknologi informasi. Dengan demikian, perusahaan tidak lagi sekedar beli ataupun install, tetapi mempunyai perencanaan yang baik. perusahaan bisa mengurangi berbagai resiko yang mungkin timbul dalam implementasi IT.Kedua adalah bahwa IT bisa menjadi alat kontrol dan parameter yang efektif untuk mereview performa dan kesuksesan implementasi Teknologi Informasi pada suatu perusahaan. Dalam satu tahun misalnya, perusahaan bisa melihat sistem apa saja yang sudah diimplementasikan, dan sistem mana yang belum diimplementasikan.Dengan begitu IT sangat berguna sekali bagi perusahaan, demi kelancaran usaha yang dijalaninya.
    WALITO ( 04 5150 1041 )

  17. Opini saya mengenai studi kasus MIS.
    Keputusan pihak manajemen BSD City untuk mengimplementasikan SAP ERP pada perusahaan sangatlah tepat. Di jaman sekarang ini yang serba canggih dan juga IT yang semakin berkembang. Pemilihan sistem aplikasi yang tepat bisa memberikan benefits bagi perusahaan,meskipun memang cost yang dikeluarkan untuk itu juga cukup tinggi. Dengan SAP ERP dapat meningkatkan keuntungan secara tidak langsung, seperti pekerjaan menjadi semakin lancar, waktu penyelesaian lebih cepat, juga meningkatkan pelayanan kepada para customer BSD City.
    Pada saat ini sudah banyak perusahaan lain yang menerapkan sistem aplikasi IT canggih untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja. Kebutuhan akan informasi sudah dikenal benar, dan bukan jumlahnya yang penting tetapi nilainya, yaitu harus meliputi accuracy, timeliness, complete, conciseness, dan relevancy. Sehingga pos pengeluaran untuk biaya2 tertentu dapat dipangkas dengan adanya IT/MIS, dengan begitu keuntungan perusahaan akan semakin meningkat.
    Sebagai contoh di tempat saya bekerja di salah satu bank pemerintah, IT/MIS menjadi salah satu faktor penting dalam kegiatan perusahaan. Tanpa adanya IT kegiatan lalu lintas keuangan akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dibutuhkan komunikasi antar kantor pusat dengan cabang2nya, serta dengan bank lain, itu juga memerlukan IT. Dengan IT, sekarang kita bisa melakukan transaksi keuangan dengan cepat,tepat dan juga aman.
    Kesimpulannya IT/MIS sangat membantu di kehidupan kita sekarang ini dan kebutuhkan peran serta dari kita semua untuk mewujudkan masyarakat yang sadar teknologi.
    Sekian opini dari saya, jika ada kekurangan saya mohon maaf.

    Terima kasih,
    Dini Savitri (0531510493)

  18. Menurut pendapat saya, SAP ERP yang diterapkan oleh PT. Bumi Serpong Damai, Tbk tepat sekali untuk diimplementasikan pada perusahaan yang sudah Go Public ini. Karena tersedianya ERP SAP ini, secara dramatis mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi untuk merencanakan proyek, dibandingkan sebelumnya dimana untuk melakukan perencanaan harus melakukan proses kompilasi dan memadukan data yang relevan dari berbagai sumber yang berbeda.
    Selain itu pula berkaitan dengan fungsi utama dan tugas dari IT adalah untuk memudahkan setiap penggunanya agar proses kerja dan operasional lebih efektif. Dengan IT diharapkan kinerja penggunanya akan lebih optimal sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih berguna dan tidak memboroskan waktu.

    Donny Setiawan (0461501093)

  19. saya hanya mendukung opini Aristy Lisvoni bahwa masih banyak orang2 khususnya di Indonesia yang masih belum “melek” tentang IT/IS.
    kurang adanya pembelajaran yang efektif dan efisien dari pihak manajemen perusahaan untk lebih memfokuskan pada hal ini khususnya perusahaan dengan skala menengah ke bawah,apalagi kalo kita lihat ke instansi2 pemerintah yang terkadang jelas ketinggalan jauh dari swasta tentang pemanfaatan ERP/SAP atau IT/IS,contoh saja PT.BSD yang semakin melebarkan sayapnya dengan penggunaan IT/IS secara efektif sehingga dpt “go live” dengan ERP SAP,
    Mungkin saat ini kita masih ketinggalan jauh dari negara tetangga contoh Songapura dalam pemanfaatan IT/Is maupun ERP SAP, dalam berbagai bidang telah diterapkan IT/IS secara efisien dan efektif, mungkin dari anak TK pun dsna sudah bisa untuk mengakses IT/IS secara mudah, mengingat pembelajaran mulai dini dan kelengkapan fasilitas yang memadai.berbagai bidangpun sudah menggunakan ERP SAP termasuk bidang pertahanan dan angkatan, bersenjatanya
    untuk sekarang ini mungkin masih banyak kendala2 yang muncul dalam mengimplementasikannya secara menyeluruh untuk corporate2 di Indonesia, mengingat berbagai keuntungan perusahaan dari kesimpulan data2 yang akurat,cepat, yang sekaligus dapat mempercepat kemajuan corporate,tapi setidaknya kemajuan2 dapat diraih oleh anak2 bangsa kita sendiri seperti contoh PT.BSD tsb dan juga saya dengar produsen sari rotipun sudah mulai menggunakan ERP SAP, merupakan langkah positif yang selayaknya harus dicontoh oleh corporate yang lain…jadi intinya saya sangat mendukung untuk penggunaan ERP SAP ini, kemajuan corporate2 kita, merupakan kemajuan bangsa Indonesia yang besar ini terima kasih.

  20. Menurut saya mengenai studi kasus yang saya baca, saya sangat setuju dengan adanya IT, Pada dasarnya keberadaan sistem IT adalah untuk mempermudah proses manajemen dan informasi dalam perusahaan. Dengan memilih sistem IT yang tepat sesuai dengan kebutuhan maka sebuah perusahaan dapat memperoleh banyak keuntungan diantaranya :
    1. Meningkatkan efisiensi dan efekifitas perusahaan.
    2. Dapat menekan biaya agar tidak terlalu besar sehingga perusahaan dapat terus mengembangkan usahanya.
    3. untuk mengambil keputusan dapat memuaskan karena sudah di dukung oleh data yang telah di peroleh oleh sistem tersebut ,sehingga keputusan yang dambil tepat sasaran.
    4. Dengan memakai program yang telah di sediakan oleh IT Tersebut dapat meningkatkan penyelarasan antara strategi dengan operasional.
    5. Meningkatkan Produktifitas dan pengetahuan bagi perusahaan itu sendiri.
    Sekian opini dari saya,jika ada kekurangan saya mohon maaf.

    Terima kasih,
    Suviani (0632500690)

  21. Menurut opini saya, keputusan PT.Bumi Serpong Damai (BSD), Tbk untuk mengimplementasikan ERP SAP pada BSD City adalah sebuah keputusan yang sangat tepat. Dengan kondisi perusahaan yang terus berkembang menjadi salah satu perusahaan property terbesar di Indonesia dan juga fakta bahwa tehnologi informasi pada masa ini merupakan suatu keharusan bagi perusahaan, bukan pilihan, maka keputusan mengimplementasikan ERP adalah jawaban atas tantangan bisnis mereka untuk masa ke depan jika ingin terus menjadi perusahaan kelas atas di Indonesia.
    Dalam hal keputusan penggunaan aplikasi SAP ini, saya rasa harga bukan concern utama pihak BSD, melainkan bahwa SAP-lah yang bisa menjawab kebutuhan-kebutuhan bisnis BSD.
    Apa kelebihan utama SAP dibanding dengan produk-produk ERP yang lain? System database yang terintegrasi antar berbagai fungsi yang ada di dalam perusahaan (sales, purchasing, inventory, production, finance accounting, etc) sehingga tidak ada duplikasi data dan transaksi yang berlangsung real-time adalah kelebihan utama SAP. Dengan transaksi yang real-time, pihak manajemen BSD bisa melakukan analisis dengan data yang akurat secara lebih dini untuk pengambilan keputusan strategis perusahaan.
    Penggunaan SAP di sebuah perusahaan seperti BSD juga harus diikuti dengan pembenahan/standarisasi proses bisnis, bentuk-bentuk report dan pembenahan sumber daya manusia yang akan mengoperasikan SAP di BSD. Karena itu, pembuatan SOP (Standard Operational Procedure) dan pelatihan terhadap user merupakan bagian dari proses implementasi yang berlangsung selama 12 bulan. Itulah sebabnya, penggunaan SAP memang memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit pada saat proses implementasi, tetapi BSD akan mendapatkan hasil yang tidak terhitung sesudahnya yang akan membuat perusahaan mampu berkompetisi di masa depan.
    Demikian opini saya, terima kasih

    Endang Purwanti / 0461501114

  22. Sebenarnya setiap perusahaan (di segala jenis & skala usaha) sebaiknya mulai menerapkan dukungan ERP.
    Karena dengan penerapan ERP yang efektif ditargetkan perusahaan tersebut dapat meningkatkan fungsi maupun struktur bisnisnya dengan lebih signifikan.
    secara faktual sebenarnya tidak ada istilah bahwa suatu sistem informasi sudah 100% sempurna.
    Fakta yang ada di lapangan menunjukkan bahwa sistem informasi secara minimal harus mampu mendukung operasional perusahaan sesuai dengan tujuan-tujuan yang ditetapkan.
    Insya Alloh ERP yang efektif akan sangat membantu akselerasi bisnis perusahaan yang menerapkannya.
    dan menurut saya yang paling penting bukan teknologi & platform yang diusungnya tetapi seberapa besar manfaat yang dapat diterima oleh penggunanya.
    terima kasih

  23. Saya setuju dengan pendapat rekan2 yang berpendapat bahwa dengan adanya IT/IS maka segala sesuatu di dalam sistem perusahaan dapat berjalan lebih cepat dan akurat. Di dalam dunia dengan persaingan global seperti ini maka kecepatan dan keakuratan merupakan faktor terpenting dalam berkembangnya suatu kegiatan bisnis atau pun pemerintahan. Dengan adanya suatu sistem ERP SAP , maka semua aplikasi sistem yang ada dapat terintergrasi di dalam sistem ERP SAP ini sehingga memberikan kemudahan dalam proses kerja sampai ke pelaporan.
    Sistem tersebut dirancang untuk menghadapi era teknologi masa ini yang memberikan tantangan-tantangan baru terhadap perusahaan dalam mengelola usahanya.
    Sistem ERP SAP merupakan salah satu sistem dari sekian sistem yang telah diciptakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang IT/IS. Selain keunggulan yang ada, kendala-kendala yang terjadi akibat majunya IT/IS adalah kurangnya kemampuan sumber daya manusia yang ada dalam mengelola IT/IS terutama di Indonesia. Kendala tersebut bisa terjadi karena kurangnya minat individu dalam IT/IS atau pun ketakutan bahwa manusia akan tergantikan oleh komputer. Kendala kedua adalah modal financial awal (biaya awal) yang dibutuhkan cukup besar dalam membangun suatu sistem berbasis IT/IS ini karena harga suatu sistem IT/IS maupun peralatan yang menunjangnya cukup mahal.
    Akan tetapi bukan berarti kendala-kendala itu tidak dapat diatasi, dengan adanya pelatihan yang tepat bagi SDM maka setiap individu yang ada dapat mengoperasikan sistem IT/IS dengan baik dan untuk kendala keuangan dapat diatasi dengan bantuan modal pinjaman karena saya percaya dengan penerapan sistem IT/IS yang tepat dalam perusahaan maka profit yang tercipta akan jauh lebih besar daripada sebelumnya.
    terima kasih.
    TEJO PAMUNGKAS (05 3151 0097)

  24. menurut saya penggunaan ERP di Indonesia masih belum total seluruhnya menggunakannya mengingat baiaya awal untuk mengimplementasikannya yang cukup mahal bagi corporate2 skala kecil menengah, tapi tidak menutup untuk corporate2 besar di Indonesia seperti BUMN2 besar negara maupun swasta Indonesia sperti PT.BSD ini,
    Penggunaan secara total, efektif dan efisien terhadap IT/IS ini juga mengacu pada pelakunya sendiri yang menurut opini Aristy Lisvoni diatas bahwa masih banyak pengguna2 yang masih belum “melek” terhadap implementasi IT/SI di Indonesaia, menjadikan bahwa Indonesia masih tertinggal jauh dari negara tetangga seperti Singapura yang secara total telah mengimplementasikan ERP di segala bidang, termasuk bidang pertahanan dan keamanan negara, mengingat bahwa untuk menjadi total dalam penggunaanya perlu adanya pembelajaran dini dan komitmen awal pihak manajemen untuk melakukan pelatihan pelatihan yang matang terhadap IT/IS, sehingga kita tidak perlu lagi mencomot orang2 Corporate luar negri dalam pengimplementasian maupun hanya penggunaan secara teknis, hal ini akan menjadi suatu kebanggan sndiri.
    Pengenalan dan pembelajaran secara dini inilah yang akan menimbulkan kemauan dan penciptaan secara matang terhadap inovasi2 IT/IS di Indonesia. Mungkin di Singapura anak2 TK pun sudah disodori tentang IT/IS yang sudah termasuk dalam program pembelajaran, meningat bahwa fasilitas2 yang ada terhadap penggunaan IT/IS pun juga memadai.
    seperti contoh kasus PT.BSD ini pihak corporate merasa diuntungkan dengan penggunaan ERP dengan SAP,menjadi “go live”
    Dengan ERP(Enterprise Resource Planning) ini kebijakan2 corporaet akan lebih terkoordinir dari hasil analisa data2 yang cepat,efektif dan menyeluruh terhadap koneksi2 antar data,yang memungkin bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan secara cepat dan efisien.
    emang saat ini menurut saya hanya ERP dari SAP yang dominan di Indonesia tetapi dari hasil browsing sbentar tadi ada beberapa merk seperti JD,Edward , Oracle, People Soft, Baan, tiap produk ERP ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing2 tergantung pihak corporate dalam kebijakan pengimplemetasiannya.
    Nama ERP dulu adalah MRP (Manufacture Resource Planning), tapi sekarang sudah ditingkatkan mjd ERP
    saya sangat mendukung terhadap penggunaan ERP oleh corporate2 skla kecil menengah, setahu saya Produsen SARI ROTI atau Boti pun kini telah mengimplementasikannya, sehinnga sangat diharapkan bagi corporate2 lain untuk dapat menggunakan ERP, disamping harus dengan pembelajaran dan pelatiahn bagi pihak menajemen terhadap penggunaanya.
    Tetapi untuk corporate saya sendiri saat ini belum memakainya, ga tau pihak manajemen masih belum memikirkannya ke arah ini, mengingat bahwa instansi2 pemerintah yang masih kolot maupun belum “melek” terhadap totalitas pnggunaan IT/IS secara efektif. Beda dengan pihak swasta yang sepertinya sudah mulai “melek” sprti PT.BSD atau SARI ROTI
    Mungkin masih perlu banyak pembelajran2

    Sekian opini saya, kurang lebihnya mohon maaf
    Terima kasih

  25. Good points All, perlu diingat bahwa untuk mengetahui seberapa besar dukungan ERP terhadap perusahaan perlu diukur dengan beberapa formula, namun intinya selagi IT/IS mendukung perusahaan maka tidak jadi masalah, coba lihat dimensi MIS dalam organisasi, banyak elemen yang harus dipertimbangkan untuk MIS bisa sustain.🙂

  26. Di era globalisasi seperti ini IT sangat diperlukan dalam pengembangan dan kemajuan perusahaan. Dengan adanya kemajuan IT maka akan terjadi pula perubahan struktur pengendalian internal perusahaan yang berkaitan dengan pengolahan data, ini akan mempermudah perusahaan dalam mendapatkan informasi yang berguna bagi kemajuan perusahaan.
    Maka saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan BSD City terhadap pengembangan usahanya, ini merupakan hal positif dalam dunia usaha yang sangat kompetitif saat ini. Karena program ERP yang masih relatif mahal di Negara kita namun mampu diterapkan oleh BSD City. ERP dapat mempermudah dalam penyelesaian pekerjaan dan dalam menyampaikan informasi kepada setiap departemen dalam manajemen perusahaan. Namun BSD City harus siap menghadapi resiko yang akan terjadi dari penerapan sistem ERP tersebut.

  27. setelah saya baca tentang perkembangan erp pada perusahaan properti yaitu BSD sebagai salah satu perusahaan properti yang sedang berkembang saat ini, merupakan hal yang baik dan wajib di acungi “jempol”dengan begitu perusahan ini siap bersaing dengan perusaahan sejenis yang ada di indonesia ( selamat ), di tengah krisis yang katanya melanda belantara negeri ini bsd mampu menerapkannya, walaupun bukan kali pertama perusahaan di indonasia menerapkan teknologi ini, namun kita belum tau tingkat keberhasilan mereka dalam menerapkan sistem yang termasuk baru di dalam nagri kita yang kita cintai ini…..
    jadi selayaknya individu2 yang sekarang sudah berkerja ataupun yang masih dalam proses belajar, untuk tidak ketinggalan dalam teknologi jangan sampai kita di juluki negara “gaptek “.
    dengan adanya teknologi pun kita dapat mencari informasi dengan cepat dan tepat…
    kobarkan tekat untuk menyambut era teknologi n digitalisasi. namun harus memikirkan resikonya ya….

    ok sekian
    best regards
    0451502095

  28. menurut saya semua opini dari teman-teman yang saya baca sudah menjabarkan tentang peran IT dalam perusahaan sangat membantu dalam mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan,pengiriman,produksi,manajemen persediaan,manajemen kualitas dan sumber daya manusia dalam pelaksanaan sebuah perusahaan tetapi tidak sepenuhnya benar.Dalam hal ini perlu adanya dukungan dari manajemen sebagai pengambil keputusan yang tidak hanya bersumber dari data dan informasi yang ada. Misalnya dalam proses pemecahan masalah pengalaman manajer dan insting lebih berperan dan manajer akan lebih banyak mendapat masukan dari sistem informasi non komputer. Selain itu pengetahuan tentang bagaimana cara sebuah proses seharusnya dilakukan,jika segala sesuatunya brejalan lancar.Ditambah lagi pemahaman terhadap kenyataan tentang bagaimana sebuah proses seharusnya dikerjakan dengan kemungkinan munculnya permasalahan.Jangan sampai menyebabkan orang membuat perencanaan yang terlihat sempurna tetapi kemudian terbukti tidak bisa diimplementasikan.
    Sekian opini saya. Terima Kasih.

  29. Di era globalisasi seperti ini IT sangat diperlukan dalam pengembangan dan kemajuan perusahaan. Dengan adanya kemajuan IT maka akan terjadi pula perubahan struktur pengendalian internal perusahaan yang berkaitan dengan pengolahan data, ini akan mempermudah perusahaan dalam mendapatkan informasi yang berguna bagi kemajuan perusahaan.
    Maka saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan BSD City terhadap pengembangan usahanya, ini merupakan hal positif dalam dunia usaha yang sangat kompetitif saat ini. Karena program ERP yang masih relatif mahal di negara kita, namun mampu diterapkan oleh BSD City, tetapi harus didukung pula oleh SDM yang berkualitas agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. ERP dapat mempermudah dalam menyampaikan informasi kepada setiap departemen dalam manajemen perusahaan. Namun BSD City harus siap menghadapi resiko yang akan terjadi dari penerapan sistem ERP tersebut.

  30. Menurut pendapat saya di era sekarang ini IT sangat berperan di suatu perusahaan.Sebuah perusahaan akan menghadapi tantangan yang besar untuk dapat mewujudkan dan menjalankan strategi bisnis yang telah di formulasikan. Informasi yang di sediakan adalah memegang peranan penting untuk dapat berhasil.IT memegang peranan penting dalam mewujudkan strategi bisnnis. Suatu perusahaan yang telah mengadopsi teknologi Informasi ke dalam proses bisnis yang di lakukannya tentu akan ikut memikirkan peranan yang akan dilakukan oleh IT. Dengan adanya IT perusahaan bisa menjalankan operasinya sehari – hari dengan baik,mudah dan efisien.Dengan adanyaIT perusahaan bisa menggunakan cara baru untuk mengatur fungsi – fungsi yang ada dalam organisasi .IT juga berpengaruh pada pengembangan porfolio aplikasi yang di lakukan oleh peusahaan.Peranan IT dalam perusahaan juga akan mempengaruhi penyelarasan yang terjadi dalam suatu perusahaan. Perusahaan perlu memikirkan investasi terhadap pengembangan karyawan dan pembelajaran teknologi baru karena IT bisa digunakan sebagai investasi yang penting yang akan mempengaruhi performa perusahaan di saat ini dan di masa yang akan datang .Sekian opini dari saya apabila ada keekurangan mohon di maafkan.

  31. Dengan adanya ERP SAP dapat meningkatkan produktivitas dan pengetahuan bagi perusahaan.Serta menyediakan kemampuan beradaptasi untuk berubah sesuai dengan tuntutan industri dan dapat meningkatkan penyelarasan antara strategi dan operasional karena ERP SAP telah memberikan manfaat bagi BSD City dan menyediakan efisiensi yang signifikan dalam pelaporan bisnis karena teknologi berkembang dengan cepat dan akan terus berlanjut dan menambah kemampuan aplikasi teknologi informasi sekaligus dapat mengurangi biaya sehingga perusahaan dapat lebih meningkatkan efisien dan efektivitas. Karena banyak manfaat yang diperoleh BSD City yaitu penghematan waktu untuk proses koordinasi proyek dan peningkatan motivasi para karyawan.

  32. Dunia bisnis kini berkembang semakin pesat, begitu pula dukungan terhadap komunikasi bidang profesional ini pun semakin mendesak untuk berkembang memenuhi tuntutan kebutuhan para pemakainya. Perusahaan-perusahaan pun mulai berlomba mencari pemecahan masalah komunikasi informasi mereka masing-masing. Kebutuhan komunikasi informasi yang semakin mobile dan tidak terbatas ruang dan waktu pun semakin mendesak. Salah satu solusi komunikasi informasi yang saat ini dipandang sebagai salah satu solusi terbaik adalah Unified Communications.

    Unified Communications sebagai salah satu solusi permasalahan komunikasi informasi dalam sebuah perusahaan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan produktifitas usaha, pelayanan konsumen maupun efektifitas fasilitas kerja yang mobile bagi karyawan.

    Unified Communications sendiri mempunyai pengertian sebagai sebuah teknologi sistem komunikasi berbasis IP (Internet Protocol) yang dirancang untuk mengintegrasikan berbagai cara komunikasi, mulai dari telepon, fax, email, SMS, hingga audio/video conference ke dalam suatu wadah perangkat sentral.

    Dengan memakai Unified Communications, seorang karyawan atau pengguna dapat dengan mudah dilihat visibilitas-nya, apakah sedang dapat dihubungi atau tidak, hingga dengan cara apa yang terbaik untuk menghubunginya, semua dapat dilihat dengan mempergunakan Unified Communications.

    Sesuai dengan namanya, melalui metode terintegrasi (unified), Unified Communications akan menyatukan seluruh perangkat komunikasi yang ada. Selanjutnya akses komunikasi dan informasi dapat dilakukan dengan hanya mempergunakan satu aplikasi antarmuka. Melalui cara ini, pengguna dapat melakukan panggilan via telepon sekaligus membaca email melalui satu aplikasi yang sama.

    Dengan mengarahkan seluruh perangkat komunikasi ke perangkat sentral, maka semua penggunanya dapat dengan leluasa mengakses dari manapun, dengan cara apapun, baik melalui PDA, laptop, ponsel maupun PC masing-masing pengguna. Ini tentunya sangat bermanfaat dalam mengurangi kompleksitas dari perangkat komunikasi yang dipergunakan. Selain itu juga dari sudut pandang perusahaan, tentunya pemakaian Unified Communications ini juga sangat efektif dalam menekan angka investasi terhadap pemakaian berbagai macam alat komunikasi yang berbagai macam dan terpisah.

    Tidak diragukan, Unified Communications dapat membawa sebuah solusi bagi pemecahan masalah komunikasi informasi di berbagai bidang usaha yang ada. Dengan kemudahan akses komunikasi informasi ini tentunya diharapkan produktifitas dan efektifitas kerja perusahaan juga akan terdongkrak dengan sendirinya.

    Demikian pendapat saya dari studi kasus ini,terima kasih.
    Freddy Irsyamto
    05151035

  33. maaf pak nim saya salah…
    0531510535

  34. CMIIW ERP kependekan dari Entreprise Resource Planning itu adalah konsep piranti lunak yang akan digunakan untuk integrasi manajemen dan perencanaan penggunaan sumber daya dalam suatu perusahaan. ERP nya sendiri dipecah dan disusun dari modul – modul yang spesifik.
    Misal: Company kamu punya divisi Finance dan Logistic, Modul untuk Finance dapat melihat alur keluar masuk barang yang terjadi dalam transaksi modul Logistik, Manajerial Finance dapat langsung membuat laporan dan memutuskan langkah ataupun planning ataupun scheduling tanpa menunggu laporan tertulis dari pihak Logistik.
    Tentu saja itu yang nyata terlihat, yang sedikit abstrak pun bisa dilakukan misalnya CRM company kamu mau menganalisa informasi customer yang aktif dan mau membangun relasi lebih dalam lagi, ERP bisa langsung diintegrasikan dengan CRM untuk menyediakan informasi aktivitas customer sesuai dengan parameter yang kamu sediakan, misal customer yang melakukan transaksi diatas nominal 1M selama 3 bulan terakhir.

    hal ini dapat dilakukan karena modul – modul seperti itu dipayungi oleh sistem besar yang disebut ERP.

    SAP sendiri adalah piranti lunak dari Jerman yang menganut konsep ERP tadi. Tentu saja kalau kamu mau menguasai SAP kamu harus ambil sertifikasi yang disediakan oleh pembuat SAP, atau kalau di Indonesia kamu datang ke perwakilannya. Karena mahalnya SAP dan hanya sedikit company yang memakai SAP maka umumnya, hanya beberapa company yang menyediakan training untuk employee nya.

    Ary Sikumbang
    0531510063

  35. Apakah SAP R/3 itu?
    SAP atau SAP R/3 adalah aplikasi ERP terbesar di dunia dan begitu juga di Indonesia. SAP faktanya memegang lebih dari 80% ERP application di Indonesia.
    SAP dipakai dimana saja?
    SAP dipakai hampir disemua lini industri, walaupun awalnya dirancang untuk manufacturing industri. Sehingga tahun 90-an awal Astra Intl, Toyota, Indofood termasuk perusahaan perusahaan pionir untuk implementasi SAP di Indonesia. Meskipun demikian Banking dengan Core Banking-nya, atau Telco dengan Billing Systemnya, tetap bisa menggunakan SAP ini karena system modularnya yang bisa dipakai.
    Apa saja isi SAP itu?
    Sebagai sebuah aplikasi ERP, SAP termasuk sangat lengkap. Dulu programmer – programmer kita umumnya hanya membuat satu modul saja, misalkan Sistem Informasi penggajian, SI. Keuangan, SI. Perencanaan. Tapi SAP menggabungkan semuanya dari ujung-ujung. Yang artinya, detik ini warehouse department di Sidoarjo mengeluarkan barang (good issue), manajer accounting di headoffice di Cakung Jakarta sudah bisa melihat movement barangnya.
    Modul apa saja yang dimiliki SAP?
    SAP pada dasarnya menyediakan semua solusi untuk semua fungsi dalam perusahaan, dalam industri manapun. Tapi pada umumnya modul SAP yang sering dipakai adalah:
    • FICO (Financial Controlling)
    • SD (Sales & Distribution)
    • MMPP (Material Management, Production Planning)
    • HR (Human Resources)
    Dimana saya bisa mulai?
    Kita bisa belajar di SAP partner seperti Asaba, Perdana dkk dengan charge $5000/modul, untuk pelatihan kurang dari seminggu. Mahal sekali? ya memang mahal sekali beberapa trainingnya malah harus di luar Indonesia.
    Dibandingkan software lain pun, training SAP memang termasuk paling mahal. Training Oracle di Oracle University berkisar $1000, SQL Server di Iverson berkisar $1000.
    Cara paling gampang bagaimana?
    Masuk di perusahaan yang menggunakan SAP, jadi implementor SAP, auditor SAP atau apapun yang berhubungan dengan SAP. Baru kita bisa belajar dengan mudah. Coba tanyakan veteran SAP yang ada sekarang? kenapa mereka bisa belajar SAP? menjadi pakar SAP? pastinya karena mereka ada pada saat implementasi SAP.
    Astra adalah contoh paling mudah, veteran implementor SAP di Astra sekarang tersebar dimana-mana. Mereka dianggap implementor yang paling berpengalaman dengan SAP. Mudah, karena mereka mengalami periode implementasi yang kompleks itu.
    Cara lain bisa dengan mengunjungi situs-situs referensi mengenai SAP, e.g SAPLIB.com
    Dibidang apa saja saya bisa berkarir dengan SAP?
    SAP secara umum terdiri dari 3 fungsi:
    1. Functional, ini berhubungan dengan fungsi si ERP, biasanya orang dengan latar belakang keuangan (untuk modul FICO), orang berlatar belakarng HRD (untuk modul HR), ataupun orang teknik (untuk modul PP, PM) atau bahkan orang diluar bidang ilmu terkait bisa menjadi functional.
    Functional berhubungan dengan design business process dari si ERP. Persoalan design ini penting, karena proses pembelian barang pada pabrik Mobil dengan
    pabrik Motor tentunya memiliki flow yang berbeda.
    2. ABAPer, dengan nama lain programmer, ini pastinya diisi oleh orang-orang berlatar belakang programming. ABAPER bertugas membuat report / customi akan sistem SAP. ABAP merupakan bahasa pemrograman sendiri yang dibuat oleh SAP.
    3. Basis, Basis mudahnya adalah system administrator. Basis ini lah yang membuat user, membuat roles & profiles, mengatur security parameter, mengatur scheduling, set up system dan pekerjaan admin lainnya.
    Adakah pelajaran SAP dikampus?
    Ada, beberapa kampus sudah memasukkan mata pelajaran SAP ini di kuliahnya, mulai dari FEUI, FEUII, Unpad (CMIIW)
    Apa hubungan SAP dan Jerman?
    Pendiri SAP adalah orang-orang dari IBM Jerman, akibatnya aplikasi ini banyak menggunakan istilah Jerman seperti penamaan field, function dan istilah lainnya. SAP sendiri membawa karakter Jerman yang kaku dan robust (kuat) dalam hal design functional. Banyak orang yang mengeluhkan SAP tidak user friendly.

    RONAL ERIZA
    0531510386

  36. Dunia bisnis kini berkembang semakin pesat, begitu pula dukungan terhadap komunikasi bidang profesional ini pun semakin mendesak untuk berkembang memenuhi tuntutan kebutuhan para pemakainya. Perusahaan-perusahaan pun mulai berlomba mencari pemecahan masalah komunikasi informasi mereka masing-masing. Kebutuhan komunikasi informasi yang semakin mobile dan tidak terbatas ruang dan waktu pun semakin mendesak. Salah satu solusi komunikasi informasi yang saat ini dipandang sebagai salah satu solusi terbaik adalah Unified Communications.

    Unified Communications sebagai salah satu solusi permasalahan komunikasi informasi dalam sebuah perusahaan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan produktifitas usaha, pelayanan konsumen maupun efektifitas fasilitas kerja yang mobile bagi karyawan.

    Unified Communications sendiri mempunyai pengertian sebagai sebuah teknologi sistem komunikasi berbasis IP (Internet Protocol) yang dirancang untuk mengintegrasikan berbagai cara komunikasi, mulai dari telepon, fax, email, SMS, hingga audio/video conference ke dalam suatu wadah perangkat sentral.

    Dengan memakai Unified Communications, seorang karyawan atau pengguna dapat dengan mudah dilihat visibilitas-nya, apakah sedang dapat dihubungi atau tidak, hingga dengan cara apa yang terbaik untuk menghubunginya, semua dapat dilihat dengan mempergunakan Unified Communications.

    Sesuai dengan namanya, melalui metode terintegrasi (unified), Unified Communications akan menyatukan seluruh perangkat komunikasi yang ada. Selanjutnya akses komunikasi dan informasi dapat dilakukan dengan hanya mempergunakan satu aplikasi antarmuka. Melalui cara ini, pengguna dapat melakukan panggilan via telepon sekaligus membaca email melalui satu aplikasi yang sama.

    Dengan mengarahkan seluruh perangkat komunikasi ke perangkat sentral, maka semua penggunanya dapat dengan leluasa mengakses dari manapun, dengan cara apapun, baik melalui PDA, laptop, ponsel maupun PC masing-masing pengguna. Ini tentunya sangat bermanfaat dalam mengurangi kompleksitas dari perangkat komunikasi yang dipergunakan. Selain itu juga dari sudut pandang perusahaan, tentunya pemakaian Unified Communications ini juga sangat efektif dalam menekan angka investasi terhadap pemakaian berbagai macam alat komunikasi yang berbagai macam dan terpisah.

    Tidak diragukan, Unified Communications dapat membawa sebuah solusi bagi pemecahan masalah komunikasi informasi di berbagai bidang usaha yang ada. Dengan kemudahan akses komunikasi informasi ini tentunya diharapkan produktifitas dan efektifitas kerja perusahaan juga akan terdongkrak dengan sendirinya.

    FREDDY IRSYAMTO
    0531510535

  37. Dunia bisnis kini berkembang semakin pesat, begitu pula dukungan terhadap komunikasi bidang profesional ini pun semakin mendesak untuk berkembang memenuhi tuntutan kebutuhan para pemakainya. Perusahaan-perusahaan pun mulai berlomba mencari pemecahan masalah komunikasi informasi mereka masing-masing. Kebutuhan komunikasi informasi yang semakin mobile dan tidak terbatas ruang dan waktu pun semakin mendesak. Salah satu solusi komunikasi informasi yang saat ini dipandang sebagai salah satu solusi terbaik adalah Unified Communications.

    Unified Communications sebagai salah satu solusi permasalahan komunikasi informasi dalam sebuah perusahaan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan produktifitas usaha, pelayanan konsumen maupun efektifitas fasilitas kerja yang mobile bagi karyawan.

    Unified Communications sendiri mempunyai pengertian sebagai sebuah teknologi sistem komunikasi berbasis IP (Internet Protocol) yang dirancang untuk mengintegrasikan berbagai cara komunikasi, mulai dari telepon, fax, email, SMS, hingga audio/video conference ke dalam suatu wadah perangkat sentral.

    Dengan memakai Unified Communications, seorang karyawan atau pengguna dapat dengan mudah dilihat visibilitas-nya, apakah sedang dapat dihubungi atau tidak, hingga dengan cara apa yang terbaik untuk menghubunginya, semua dapat dilihat dengan mempergunakan Unified Communications.

    Sesuai dengan namanya, melalui metode terintegrasi (unified), Unified Communications akan menyatukan seluruh perangkat komunikasi yang ada. Selanjutnya akses komunikasi dan informasi dapat dilakukan dengan hanya mempergunakan satu aplikasi antarmuka. Melalui cara ini, pengguna dapat melakukan panggilan via telepon sekaligus membaca email melalui satu aplikasi yang sama.

    Dengan mengarahkan seluruh perangkat komunikasi ke perangkat sentral, maka semua penggunanya dapat dengan leluasa mengakses dari manapun, dengan cara apapun, baik melalui PDA, laptop, ponsel maupun PC masing-masing pengguna. Ini tentunya sangat bermanfaat dalam mengurangi kompleksitas dari perangkat komunikasi yang dipergunakan. Selain itu juga dari sudut pandang perusahaan, tentunya pemakaian Unified Communications ini juga sangat efektif dalam menekan angka investasi terhadap pemakaian berbagai macam alat komunikasi yang berbagai macam dan terpisah.

    Tidak diragukan, Unified Communications dapat membawa sebuah solusi bagi pemecahan masalah komunikasi informasi di berbagai bidang usaha yang ada. Dengan kemudahan akses komunikasi informasi ini tentunya diharapkan produktifitas dan efektifitas kerja perusahaan juga akan terdongkrak dengan sendirinya.

    Demikian pendapat saya dari studi kasus ini,terima kasih.
    Freddy Irsyamto
    053151035

  38. Dunia bisnis kini berkembang semakin pesat, begitu pula dukungan terhadap komunikasi bidang profesional ini pun semakin mendesak untuk berkembang memenuhi tuntutan kebutuhan para pemakainya. Perusahaan-perusahaan pun mulai berlomba mencari pemecahan masalah komunikasi informasi mereka masing-masing. Kebutuhan komunikasi informasi yang semakin mobile dan tidak terbatas ruang dan waktu pun semakin mendesak. Salah satu solusi komunikasi informasi yang saat ini dipandang sebagai salah satu solusi terbaik adalah Unified Communications.

    Unified Communications sebagai salah satu solusi permasalahan komunikasi informasi dalam sebuah perusahaan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan produktifitas usaha, pelayanan konsumen maupun efektifitas fasilitas kerja yang mobile bagi karyawan.

    Unified Communications sendiri mempunyai pengertian sebagai sebuah teknologi sistem komunikasi berbasis IP (Internet Protocol) yang dirancang untuk mengintegrasikan berbagai cara komunikasi, mulai dari telepon, fax, email, SMS, hingga audio/video conference ke dalam suatu wadah perangkat sentral.

    Dengan memakai Unified Communications, seorang karyawan atau pengguna dapat dengan mudah dilihat visibilitas-nya, apakah sedang dapat dihubungi atau tidak, hingga dengan cara apa yang terbaik untuk menghubunginya, semua dapat dilihat dengan mempergunakan Unified Communications.

    Sesuai dengan namanya, melalui metode terintegrasi (unified), Unified Communications akan menyatukan seluruh perangkat komunikasi yang ada. Selanjutnya akses komunikasi dan informasi dapat dilakukan dengan hanya mempergunakan satu aplikasi antarmuka. Melalui cara ini, pengguna dapat melakukan panggilan via telepon sekaligus membaca email melalui satu aplikasi yang sama.

    Dengan mengarahkan seluruh perangkat komunikasi ke perangkat sentral, maka semua penggunanya dapat dengan leluasa mengakses dari manapun, dengan cara apapun, baik melalui PDA, laptop, ponsel maupun PC masing-masing pengguna. Ini tentunya sangat bermanfaat dalam mengurangi kompleksitas dari perangkat komunikasi yang dipergunakan. Selain itu juga dari sudut pandang perusahaan, tentunya pemakaian Unified Communications ini juga sangat efektif dalam menekan angka investasi terhadap pemakaian berbagai macam alat komunikasi yang berbagai macam dan terpisah.

    Tidak diragukan, Unified Communications dapat membawa sebuah solusi bagi pemecahan masalah komunikasi informasi di berbagai bidang usaha yang ada. Dengan kemudahan akses komunikasi informasi ini tentunya diharapkan produktifitas dan efektifitas kerja perusahaan juga akan terdongkrak dengan sendirinya.

    Freddy Irsyamto
    0531510535

  39. Menurut saya apa yang dilakukan oleh PT. Bumi Serpong Damai telah benar dan tepat. kalau dipandang dari sudut ekonomic akan menjadikan perusahaan PT. BSD unggul dan memiliki profitabilitas yang tinggi. karena memang dipandang dari sudut bidang usaha PT. BSD memang sangat diperlukan keselarasan antara strategic dengan operasioanal, dikarenakan dibidang konstruksi sering sekali terjadi hal – hal miss komunikasi. dengan dipondasikan dengan ERP SAP maka daya saing perusahaan serta dapat melayani costumer dengan lebih baik

    demikian menurut saya pak

    Terima kasih

    Riki Wijaya (04 6150 1051)

  40. ERP adalah aplikasi sistem informasi manajemen terintegrasi untuk bisnis/organisasi yang mencakup multi fungsionalitas seperti penjualan, pembelian, produksi, gudang, akuntansi & finansial, penggajian, sumberdaya manusia, dsb.

    Aplikasi ERP menjadi tulang punggung (backbone/ back- office) sistem informasi manajemen untuk meningkatkan efisiensi operasi bisnis dan efektivitas pengambilan keputusan. Aplikasi ERP memiliki peran yang strategis untuk kepentingan persaingan bisnis

  41. Dengan menggunakan IT.
    Menurut pendapat saya apa yang dilakukan oleh BSD adalah suatu langkah maju yang sanga tepat karena akan berpengaruh sangat besar terhadap omzet perusahaan nya
    dalam hal ini yang sangat berperan adalah sistem informasi dan analisis strtegic serta opersional yang melibatkan sumber daya manusia dan sumber daya daya alam
    Relatif dalam waktu singkat BSD akan menjadi perusahaan yang mempunyai Reputasi sekelas Inetrnasional di masa yang akan datang.

    Budi sumiarto
    0631510153


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: