Posted by: yudhos | August 6, 2010

Kuliah Pengganti Sist.Operasi 10-Agustus 2010 (KA)

silahkan akses halaman berikut( http://lifehacker.com/5208533/six-best-portable-operating-systems )

silahkan review dan berikan komentar anda mengenai artikel tersebut, berkaitan dengan trend penggunaan mobile komputer yang ada di indonesia.

sertakan nim dan nama anda.


Responses

  1. ya saya sangat setuju dengan pembatasan portable pada operasi sistem skrg terutama buat mobile sehingga smua orang bsa mudah mengakses aplikasi pada sistem operasi tersebut.

  2. kalau saat ini memang UBUNTU sangat pepuler dibandingkan dengan yg lainnya, karena lebih mudah digunakan, & plug&play dengan flsash drive,
    tetapi klo untuk trend mobile komputer saat ini, saya lebih memilih BACKTRACK, walau saya blom pernah mencobanya, tetapi dilihat dari keteranganertikel itu, backtrack sangat menunjang sekali untuk mobile computer, dengan kelebihan yg dia punya seperti terdapat 300 aplikasi, dan salah satunya dapat mencari hot spot, yg memang saat ini lg banyak diminati masyarakat kita sekarang ini

  3. semua yang berbau portabel sepertinya menarik ya pak…bisa dibawa kemana aja dan kapan saja bisa digunakan…berikut artikel yang saya dapat mengenai linux portabel cuma saya sendiri belum nyoba…barangkali bapak bisa menjelaskannya di pertemuan nanti, berikut kutipan artikelnya :

    Linux …. Operating system yang satu ini penggunanya semakin hari semakin bertambah dan semakin banyak saja. Selain gratis ( open source ) OS yang satu inipun mempunyai tampilan grafis yang OK punya. Pengguna barupun akan bisa dengan cepat untuk menyesuaikan diri dengan sederetan aplikasi yang tersedia. Ditambah lagi sekali install, aplikasi office sudah tersedia langsung dalam satu paket yang tak terpisahkan dengan OS-nya. Satu hal lagi….. bebas virus !!! adalah salah satu kelebihannya. Maka tidak mengherankan banyak kalangan yang menggunakan OS linux sebagai OS di komputer mereka. ( terutama di warnet-warnet maupun perkantoran ).

    Selain kelebihan diatas, OS linux inipun ternyata bisa dibuat portable di flashdisk. Jadi bisa dibawa kemana-mana tanpa harus bawa kompie. Cukup bawa satu flashdisk saja.
    Untuk membuat OS linux portable di flashdisk ( linux live usb ) yang perlu disiapkan adalah :

    1. distro linux yang mo dibuat live usb. biasanya berekstensi .ISO
    2. Flashdisk minimal 1 GB dengan format FAT32.
    3. software Unetbootin

    Kalau semua sudah siap, jalankan Unetbootin dengan cara klik 2 kali (klik ganda). Pilih disk image, kemudian explore ketempat penyimpanan file .ISO dari distro linux tadi. Pada type, pilih “USB drive” dan pada Drive, pilih Directory lokasi Flash disk anda. Kemudian klik OK untuk mulai instalasi. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

    Setelah selesai bisa anda coba dengan booting melalui flashdisk. Sebelumnya ubah dulu pengaturan pada BIOS anda untuk booting melalui flashdisk.
    Bagaiman hasilnya ??? …… Berbedakah dengan windows ?? Semua tergantung kita masing-masing. Keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi sahabat yang sudah menggunakan atau pernah menggunakan OS linux ini pasti bisa membedakan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya sendiri pake dua-duanya, Windows dan juga Linux dalam satu kompie, atau biasa disebut dual boot. Jadi enaknya kalau windowsnya trouble, ngadat, mogok, rewel, atau pilek … bisa pake linuxnya. Artinya pekerjaan masih bisa berjalan teruussss… enak bukan ??? …. Bukan !!!

    sumber : http://rahmabasel.blogspot.com/2010/03/membuat-os-linux-portable-di-flashdisk.html

  4. Nama : Nagara Yogasadewa
    NIM : 0911511756

    Komentar saya setelah membaca artikel tersebut adalah :
    – Sama seperti trend OS mobile komputer yang sedang berlomba-lomba melakukan perkembangan dari kemampuan OS tersebut seperti : Symbian OS, Windows Mobile, iPhone OS, Android, Maemo OS, Palm OS, bahkan Non OS ( dikembangkan oleh masing-masing vendor yang mengeluarkan HP tersebut,biasanya berjalan pada platform java) menurut saya semua OS itu mempunyai kelebihan & kekurangannya masing-masing.
    – Saran saya untuk para pengguna yang ingin memilih OS, cobalah untuk membuat daftar apa saja kebutuhan anda & spesifikasi dari hardware yang anda miliki, jika sudah silahkan anda memilih OS yang sesuai dengan kebutuhan, selera dan spesifikasi hardware yang anda miliki.

    Terima Kasih

  5. Nama : Aldi Ridhila
    Nim : 0711511113

    Dari hasil Riview saya mengenai 6 OS portable diatas, ke unggulan tetap di miliki oleh ubuntu, walau boleh dikata ubuntu bukan sepenuhnya portable! mungkin puppy yang ke dua karena OS tersebut memiliki sistem Partition dan Space penyimpanan yang kecil, tampilan yang menarik untuk katagori portable. mungkin masih banyak keunggulan2 OS portable yang lain seperti Backtrack dengan fasilitas penyimpanan dan penjelajahan file yang baik , Slax cukup baik cuma kita harus mempersiapkan ketikan mendownload Aplikasi apa saja yang kita butuhkan. CrunchBang yang merupakan Pohon dari Ubuntu sepertinya kurang memiliki tampilan yang sebaik ubuntu, mungkin damn small linux yang bisa menyaingi dari segi tampilan ! cuma sepertinya untuk portable oprating sistem buat mobile saya lebih memilih Puppy!

  6. dalam keadaan zaman Indonesia yang sedang pesat perkembangan informasi dan dunia bisnis ini … Indonesia perlu menggunakan OS portable yang user friendlly tapi memiliki performa yang tinggi ..
    terutama performa saat browsing , , , tapi bila membicarakan tentang performa saat browsing ini mengkaitkan dengan si providernya …

    dan ditambah lagi OS nya simpel dan juga memiliki size yang kecil juga..

    catur imanuel santoso_0811504455_www.bisniskomp.blogspot.com

  7. Sistem OS Portable pada linuk saya lebih suka menggunakan ubuntu karna lebih mudah di pergunakan mulai dari fitur yang tak begitu susah untuk orang awam tetang linuk sepertisaya ini yang sehari2nya menggunakan microsoft. Bersangkutan Dengan Artikel tersebut setiap os linux porteble memiliki kelebihan yang membuat orang meliriknya.linux memberikan pilihan untuk berbagai kondisi tergantung pekerjaan apa yang dapat dibantu oleh sistem operasi yang di gunakan contoh nya di dalam software backTrack terdapat berbagai fasilitas seperti kalimat berikut “BackTrack will leave no corner of your computer and network un-poked, un-scanned, un-prodded, and un-analyzed”. ada satu hal yang membuat saya ingin mengerti kenapa tidak ada orang yang bisa membuat virus di linux..

    Untuk perkembangan Di indonesia saya kira akan cukup pesat karna kebanyakan Orang indonesia haus dengan Hal-hal yang baru dan hal-hal yang mengandung teknologi canggih..

  8. Memiliki keuntungan dalam web brosing dan dasar-dasar komputerisasi. Proses-proses dengan mudah melakukan load dari CD ke USB driver.

  9. Nama : Abdul Rozak
    NIM : 0811511120

    Linux dan trend pengguna mobile computer yang ada di Indonesia sangat berkaitan banget Pak,…seperti ANDROID, itu merupakan perkembangan OS Mobile Dari Linux.

    Saat ini sistem operasi sudah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini sangat jelas terlihat khususnya pada sistem operasi Linux yang bersifat open source. Karena sifatnya yang open source maka banyak sekali orang yang mengembangkan sistem operasi ini. Beberapa yang sudah terkenal antara lain Ubuntu, Slackware, Open Suse, PC Linux OS, dan banyak lagi. Banyak orang yang ingin mencoba sistem operasi Linux ini, tetapi masih enggan untuk mengganti OS-nya yang semula, atau juga dengan dual boot karena sering didapati masalah. Dengan perkembangan distro Linux sekarang ini, dimungkinkan untuk bisa mencoba sistem operasi ini tanpa harus menginstallnya pada komputer, yaitu dengan menggunakan Linux Live. Banyak orang yang ingin bermigrasi ke Linux atau hanya sekedar mencoba. Tetapi kendala yang paling banyak ditemui adalah harus dilakukannya installasi pada hard disk, walaupun bisa digunakan dual boot. Dengan perkembangan Linux sekarang ini, orang dimungkinkan untuk mencoba system operasi Linux tanpa harus melakukan penginstallan di hard disk. Slax merupakan salah satu jenis distribusi (distro) Linux yang berbasis Slackware dan juga merupakan salah satu distro dengan kemampuan bootable (dapat dijalankan langsung dari CD atau USB tanpa proses instalasi).

    Terima Kasih Pak,..

  10. Dari artikel di atas menurut saya mengapa Ubuntu mendapat jumlah vote lebih banyak dari Sistem Operasi Portable yang lain karena kita dapat dengan mudah mendapatkan Sistem Operasi Ubuntu. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni “Humanity to Others” yang berarti “Kemanusiaan Untuk Sesama”. Atas dasar itulah diluncurkannya Linux Ubuntu yang dirilis pada tahun 2004. Maka kita dapat mendapatkan Sistem Operasi Ubuntu ini secara gratis tanpa adanya biaya lisensi, bersifat open source (kode terbuka), dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi yang stabil. Selain itu cara instalasi pun cukup mudah untuk orang-orang yang sebelumnya belum mengenal Sistem Operasi Ubuntu. Kelebihan lainnya yaitu karena dibawah bendera Linux tentu Tingkat Keamanan tinggi, dapat di-instal di PC dengan Spec Rendah bisa (tidak harus speck tinggi), banyak Tersedia Artikel dan Tutorial Onlinenya dan masih banyak kelebihan dan fitur-fitur yang lain yang sangat user friendly walaupun Sistem Operasi Ubuntu bersifat gratis dan open source.

    Demikian tanggagan saya.

    Terima kasih.

    Nama : Andreas K.S
    NIM : 0811510668

  11. Boleh juga di coba sebagai alternatif OS utama pada harddisk.
    tetapi apakah beresiko pada flash disk yang kita gunakan sebagai media portable OS???
    misalkan program yang di jalankan langsung dari flash disk bisa menyebabkan memperpendek umur flash disk apa benar???
    OS portable memang solusi yang bagus bagi orang yang tidak mau ribet dan juga simple..

  12. Nama : Anton Ramli
    Nim : 0811511096
    pertama kali didistribusikan oleh Barry Kauler. Puppy Linux mampu membuat para penggunanya terkagum-kagum. Operating system dan aplikasi semuanya dijalankan dari RAM, sehingga menjadikan Puppy Linux sebuah operating system Linux yang cepat. Yang lebih ajaib lagi, saya bisa mencopot portable drive yang dipergunakan sebagai media booting tadi dari PC saya. Dan saya sudah bisa menikmati aplikasi, seperti Mozilla Application Suite, AbiWird, Sodipodi, Gnumeric, OpenOffice.org, dan Gxine/xine. OS ini memerlukan portable drive sebesar 64 MB dan RAM 64 MB untuk berjalan secara normal.

    trima kasih

  13. Setelah membaca artikel ini. Ternyata OS portabel itu menarik. Salah satunya Ubuntu. Ternyata menggunakan OS Portabel itu mudah, memang diawalnya agak sedikit perlu adaptasi, tetapi lambat laun jadi terbiasa. Dan ternyata OS Portabel yang satu dengan lainnya saling mendukung loh.

  14. Menurut saya Pesatnya pertumbuhan teknologi di masa sekarang ini memacu para pakar IT dunia untuk membuat suatu terobosan yang inovatif, itulah yang hingga kini terus di kembangkan para pembuat OS, salah satunya adalah portable OS yang sangat membantu para Eksmud untuk bekerja, dengan adanya portable OS kita dapat memaksimalkan waktu dan kinerja para pekerja saat ini, jadi portable OS pada intinya sangat berguna bagi masyarakat banyak . Terima Kasih.

    Hasan Basri
    0711512327
    Sumber : http://satriaf05.wordpress.com/2008/12/30/operating-system-os-portable-via-usb/

  15. mungkin pada jaman sekarang Os portable sangat di butuhkan …
    karena jaman sekarang semua serba canggih…
    malahan bukan kah sudah pada kluar pak OS buat portable seperti buat mobile,
    trus sekarang ajah muncul Ipad yang sangat di kagumi pada saat ini…
    yang memudahkan si user untuk mengakses apapun dan dimanapun tanpa ada batasan

  16. Sistim Operasi yang berbau portable memang bisa memudahkan user untuk lebih memahami dan mendalami terutama dalam penggunaan OS tersebut…
    akan sangat membantu bagi semua user maupun pengguna karena dimana aja bisa di gunakan tanpa harus memikirkan kendala tertentu…
    mungkin yang jadi masalah apakah performancenya sjuga tinggi?

  17. Menurut saya:
    perkembangan jaman sekarang, orang lebih suka mengutamakan yang mudah .
    Termasuk sistim operasi yang berbau portable yang mudah dalam penggunaan,mudah memahami untuk mengakses apapun dan dimanapun .saat ini memang UBUNTU sangat pepuler dibandingkan dengan yg lainnya, karena lebih mudah digunakan, & plug&play dengan flsash drive.itu semua tergantung anda memilih OS yang sesuai dengan kebutuhan, selera.

    terima kasih.

  18. Nama : Ludi Nugroho
    NIM : 0911510212

    Rekomendasi :
    Dalam dunia komputer menurut saya UBUNTU merupakan Operating Sistem terbaik dalam konteks Open Source, dari Graphic User Interface yang mudah dan dari kekompatibilitasnya Ubuntu bisa dikatakan sesuai bagi para pengguna yang ingin mempunyai komputer murah bahkan dengan OS gratis sekalipun.

  19. SO portable sangan membantu sekali bagi pengguna komputer dengan spesifikasi rendah.
    Dan cocok bagi user yang sekedar ingin coba-coba atau masih bimbang menggunakan beberapa SO tersebut.
    Mungkin banyak user yang lebih melirik ke Ubuntu karena lebih brand minded. Selain itu Ubuntu lebih banyak keunggulannya.
    Diantaranya,
    – Tampilan grafis yang menarik
    – Pengguna barupun akan bisa dengan cepat untuk menyesuaikan diri dengan sederetan aplikasi yang tersedia
    – Ditambah lagi sekali install, aplikasi office sudah tersedia langsung dalam satu paket yang tak terpisahkan dengan OS-nya

    Terima kasih

    Nama: Ahmad Faruq
    NIM : 0811510676

  20. Melihat dari artikel memeng keunggulan Portable LINUX sangat bagus dibanding dari portable OS lainya.
    tapi karena dilihat fitur-fiturnya yang agak susah mungkin orang-orang lebih beralih ke OS yang lain yang fiturnya lebih sederhana, walau pun Linux sudah mengeluarkan portablenya, yang masing-masing OS Portablenya mempinyai masing-masing keunggulan tapi tetap saja orang lebih memilih yang simpel walaupun proteknya kuran terhadap serangan-serangan virus dan lain-lain.
    Tapi intinya jika kita mau mencoba pasti bisa dan bisa itu karena biasa. thx

  21. hario wicaksono
    0811511021
    Dalam banyak hal, kernel Linux merupakan inti dari proyek Linux, tetapi komponen lainlah yang
    membentuk secara komplit sistem operasi Linux. Dimana kernel Linux terdiri dari kode-kode yang
    dibuat khusus untuk proyek Linux, kebanyakan perangkat lunak pendukungnya tidak eksklusif terhadap
    Linux, melainkan biasa dipakai dalam beberapa sistem operasi yang mirip UNIX. Contohnya, sistem
    operasi BSD dari Berkeley, X Window System dari MIT, dan proyek GNU dari Free Software Foundation

  22. pendapat saya setelah membaca artikel tadi ialah system operasi portable memang dibutuhkan pada saat ini
    dimana OS tersebut tidak terlalu memakan banyak space memory. dengan menggunakan flash disk Kberkapasitas 1GB kita bisa menggunakan OS portable.kebanyakan OS portable sekarang ini masih berbasis Linux, OS portable ini biasanya sudah dilengkapi dengan program – program pendukung yang mumpuni seperti Mozilla Firefox untuk browsernya dan OpenOffice. Jadi dengan menggunakan OS portable ini bagaikan membawa komputer di dalam sebuah flash disk.
    Thank’s

  23. dalam hal OS portabel banyak sekali hal – hal yang baik dan menarik untuk kita ketahui kegunaan dan manfaatnya diantaranya yaitu os ubuntu dimana OS portable yang satu ini penggunanya semakin hari semakin bertambah dan semakin banyak saja. Selain gratis ( open source ) OS yang satu inipun mempunyai tampilan grafis yang baik. Pengguna barupun akan bisa dengan cepat untuk menyesuaikan diri dengan sederetan aplikasi yang tersedia. Ditambah lagi sekali install, aplikasi office sudah tersedia langsung dalam satu paket yang tak terpisahkan dengan OS-nya.

  24. keterangan yg saya mrngerti di artikel tersebut ,antara lain,, begitu banyak’y peminat OS Portable, sehingga hal ini menjadi salah satu ajang untuk para OS OS lain’y untk berlomba lomba menjdi yg trbaik dan mensejahterakan kebutuhan para user,,, bgitupun tak sedikit pula user memilah OS portable yg terbaik untuk semua kebutuhan’y ,,, namun semua kembali kepada kemaximalan os Prtble , kenyamanan user tercipta dengan os yg menurut’y sudah memenuhi apa apa yg user butuhkan dan tak semua os terbaik ,,, baik pula untuk para user ,,,

    Andi Siti Aisiyah ===>>>> 0811510064

  25. zaman sekarang zamanya sudah canggih,mengenai os drive menurut saya
    *puppy operaty system linux yang paling cepat,os ini memerlukan portable drive sebesar 64 MB dan RAM 64 MB untuk berjalan secara normal.
    *slax tampilannya lebih menarik dibandingkan disrto yang lain sehingga os ini memerlukan 256 MB.
    *ubuntu osnya sudah banyak yang menggunakan.
    *kalo BackTrack os penyimapaannya sangat baik
    *CrunchBang yang merupakan Pohon dari Ubuntu sepertinya tidak memiliki tampilan yang sebaik ubuntu.
    *Damn Small distro Linux yang berukuran kecil, tapi memiliki aplikasi yang lengkap.
    Cukup jalankan file ISO-nya ke dalam portable drive 64 MB. Damn Small Linux sudah diap digunakan.
    semua itu ada perbedaannya tergantung ada menyukainya yang mana,yang akan anda gunakan.

  26. memang banyak OS portabel yang memiliki banyak kelebihan dan kekurangan tapi saya lebih menyukai OS portabel Ubuntu yang dimana OS portabel tersebut mempunyai banyak kelebihan diantaranya selain gratis ( open source ) OS yang satu inipun mempunyai tampilan grafis yang baik. Pengguna barupun akan bisa dengan cepat untuk menyesuaikan diri dengan sederetan aplikasi yang tersedia. Ditambah lagi sekali install, aplikasi office sudah tersedia langsung dalam satu paket yang tak terpisahkan dengan OS-nya, selain itu os tersebut bisa dibuat portable di flashdisk, jadi bisa di bawa kemana saja tanpa harus bawa kompie

  27. Nama:Mohamad yudhi saputra
    Nim :0711511592
    kalo dari review yang saya liat di atas saya lebih suka memilih linux,karena menurut saya linux sangat bagus baik dari sisi security,performa maupun penggunaanny dan lebih stabil dibanding operating sistem yang lain,karena itu operating sistem dengan menggunakan linux sangat bagus,apalagi dengan adanya portable operating sistem small dam linux semakin mudah kita menggunakan operating sistem itu.mungkin ini saja yang bisa saya berikan pak tentang portable operating sistem.

  28. Nama : Ahmad Bahtiar
    Nim : 0711511303

    Dengan banyaknya OS yang bervariasi ,orang semakin banyak pilihan dan itu semakin bagus karena orang akan memilih OS sesuai kebutuhan dan kecocokan dengan pemakainya.Dan para pembuatnyapun akan semakin bersaing untuk membuat yang lebih baik untuk para pengguna OS.Semoga dengan terus berkembangya mutu dan kualitas OS semakin baik.

  29. NIM :0811500537
    NAMA :Muhammad Gogod Sugiarta

    Setelah saya baca artikel tersebut
    menurut saya memang OS Linux itu lebih memanjakan user karena merupakan opensource dan tidak mudah terjangkit oleh virus virus dan simple..dan performa tidak kalah dengan OS yang bersaing dengan Os Linux itu sendiri..dan sebagai progremer semua program jalan di linux karena semua program java,php dll semua awal mula juga dari LINUX….

  30. Nama : Wibowo Sulistiyo
    NIM : 0711511618

    Pertama-tama yang mau saya katakan adalah..artikel yang sangat menarik.
    Terlepas dari distronya, mau ubuntu, puppy, slax, BackTrack, CrunchBang dan Damn Small…yang namanya portable itu memang sangat bagus bagi mereka yang gak mau repot2 untuk meng-install dan bisa dibawa kemana-mana. Seperti yang kita ketahui untuk OS yang satu ini (baca: Linux)bagi mereka yang belum familiar memang agak sulit untuk meng-installnya. Sehingga tanpa perlu menginstal secara permanen kita sudah bisa memanfaatkan OS tersebut. Linux memang dikenal memiliki permission yang sangat ketat sehingga sangat bagus dalam hal security dan yang jelas linuk itu memang anti dengan virus.heheheheee

    Sebenarnya yang lebih penting dalam pemilihan OS adalah melihat dari segi kenyamanan, kalau OS-nya bagus tapi usernya tidak nyaman jadi sama aja boong..hehehehe

    Saya pernah mencoba distro linux Ubuntu untuk netbook, woooww interface yang sangat bagus, jauh sudah berkembang dari ubuntu yang pernah saya coba waktu masih sekolah. Yang jelas, sesuatu yang berbau portable itu jangan berharap sama dengan yang bukan portable…pasti ada komponen yang tidak dimiliki oleh software2 portable ketimbang dengan yang bukan portable….

    demikian pak review saya..terimakasih.

  31. saya lebih memilih Ubuntu, karena kebetulan dikantor saya yang dulu saya menggunakan Ubuntu.
    Pada awalnya saya tidak begitu mengerti dari cara penggunaan Excel,word dan yang lain-lain. karena memang sedikit berbeda dengan Windows, tetapi semakin lama semakin mengerti dan semakin menyenangi program Ubuntu.
    Banyak hal-hal menarik dan kemudahan yang disediakan Ubuntu. saya bisa mendownload berbagai program walaupun komputer saya tidak online. jadi di Ubuntu itu ada program yang bs kita install dan uninstall , dan jika sudah diuninstall lalu mau di install lagi juga bisa .

  32. saya lebih memilih Ubuntu, karena kebetulan dikantor saya yang dulu saya menggunakan Ubuntu.
    Pada awalnya saya tidak begitu mengerti dari cara penggunaan Excel,word dan yang lain-lain. karena memang sedikit berbeda dengan Windows, tetapi semakin lama semakin mengerti dan semakin menyenangi program Ubuntu.
    Banyak hal-hal menarik dan kemudahan yang disediakan Ubuntu. saya bisa mendownload berbagai program walaupun komputer saya tidak online. jadi di Ubuntu itu ada program yang bs kita install dan uninstall , dan jika sudah diuninstall lalu mau di install lagi juga bisa .

    NAMA : YENNY YULIANA
    NIM : 0711511634

  33. NAMA : FX Andi Gaviantoro
    NIM : 0911510121

    Lagi-lagi user semakin dimanjakan, dengan adanya OS portable maka user dapat bekerja secara mobile tanpa harus stay disatu tempat.
    Dibalik semua kecanggihan dan kelebihan yang ada, setiap user harus cermat dalam memilih sesuai dengan kebutuhannya masing2.

  34. Hal yang membuat Ubuntu begitu populer dibandingkan yang lainnya ,. Ubuntu tidak sekecil beberapa pesaing lain , tapi berkat sejumlah faktor, termasuk kejenuhan yang kuat di pasar Linux dan mudah untuk menggunakan alat yang tepat untuk membangun instalasi flash-drive, Ubuntu membuat tambahan yang bagus untuk Anda portable drive….oleh krn itu sy lbh memilih ubuntu…

  35. Saya lebih memilih Ubuntu, kalo disisi security sama aja.
    Untuk pasang sofware di ubuntu ada software center, tinggal pilih apa yg diperlukan gak usah susah cari di internet . Lebih nyaman pake Ubuntu kalau buat online lebih tenang dan faster tentunya.
    Cocok bagi kita yang sekedar ingin mencoba Ubuntu atau masih bimbang utk menggunakan linux.
    yg saya tau Portable Ubuntu ini bisa jalan di atas Windows (XP/Vista) tanpa harus menggunakan Virtual Machine-Engine (Semacam VM-Ware, Virtual PC, Virtual Box, dsb). Alias bisa jalan langsung! klo yg laen, gaa taau daaghh😀

    Jadi menurut saya ubuntu yang paling wokeeehh !!!

    tapi mungkin bisa dilihat lagi sesuai kebutuhan usernya itu sendiri.

    Nama : Octraviani
    NIM : 0711512202

  36. wew.. portabel os.. hmmm.. sayang diartikelnya untuk beberapa gak dicantumin berapa banyak space yang harus tersedia untuk flashdisk…. terus fitur2 apa saja yang tersedia dan perbedaannya dengan os yang gak portabel..

    sepertinya ubuntu jadi favorit sekarang ini mengingat fungsi dan aplikasinya sudah sangat user friendly banget… walaupun ukurannya cukup besar tapi setimpal dengan layanan aplikasi dan fitur yang sudah tersedia, mulai dari perangkat office, pemrograman, web browser sampai game – game yang lumayan menantang..

    sayangnya tampilan dari ubuntu itu make gnome, padahal kan saya KDE lovers kya punya si slax(walaupun bisa memilih antara gnome atau kde dalam slax ini)..

    sayangnya saya gak bisa ngasih review terlalu spesifik, karena kebanyakan pengguna linux yang ada sekarang ini kebanyakan nyari linux yang simple n user friendly…

    dalam hal ini berikut beberapa hal yang dicari para pengguna:
    1. Simple dalam instalasi os dan aplikasi pendukungnya(dalam hal ini rata2 linux sudah menjadi satu bundle dengan os)
    2. Size yang pas dengan ukuran kanto(flashdisk dong)
    3. Gampang dalam pengoperasian dan gak ribet(dalam hal ini keluarga ubuntu dan openSuse lumayan diminati)
    4. Banyak yang make(jadi klo mo nanya gak ribet2 searching lagi).
    5. Murah dan kalo bisa gratis(linux is free and open source os)..

    oke skian dan terima kasih…

    moga2 gak cuma jadi junk doank ato cuma sekedar page one..

    Nama: Galih Binuko
    NIM: 0811510965

  37. OS Portable Ubuntu sangat digemari saat ini karena fitur yang ditawarkan sudah sangat familiar bagi para penggunanya/user.
    Penggunaannya yang user friendly tidak lepas dari kelebihan yang ditawarkan dari OS Ubuntu terutama dari segi keamanan dan stabilitas dalam pengoperasiannya, walaupun masih ada kekurangan tetapi menurut saya itu adalah harga yang harus dibayar demi kepuasan dari penggunaan OS Ubuntu itu sendiri.
    Menurut saya pengembangan OS Ubuntu akan terus berlanjut dan lambat laun akan semakin menutupi kekurangan yang ada demi memuaskan user dalam menikmati teknologinya.
    Terima kasih.

    Nama : SAKTI WIBOWO
    NIM : 0711512301

  38. mungkin untuk kedepannya sistem operasi portable akan menjadi tren setter di dunia per-komputer-an karena tidak ada lagi yang namanya menginstal os. Cukup dengan memanggil file os nya di cd ato di flash disk. Distro linux itu sendiri masing2 punya keunggulannya sendiri2. Sebut saja jika saudara (jiahh, saudara . . udah kaya orang bener aja) ingin aplikasi file server, bisa mencoba fitur dari Ubuntu 7.10 Server, ingin pakai proxy, dhcp beserta firewall, pakai saja Mandriva . FreeBSD 7.10 bisa digunakan untuk mail server, dan untuk kategori desktop, openSUSE bisa dipertimbangkan. Tapi balik lagi ke persoalan mendasar . . semua tergantung selera dan kebutuhan masing2.

    anti pertamax :love indonesia, ganyang malingshit:

    Nama : Adi Kurniawan
    NIM : 0711511071

  39. Menurut saya semua os yang tertera diartikel itu Bagus Semua kembali Ke User sendiri ,
    lebih baik anda memilih OS yang Paling Dibutuhkan User.
    dan yang paling banyak digunakan oleh User Indonesia adalah Ubuntu karena
    “Hal yang sama kualitas yang begitu populer Ubuntu sebagai sistem operasi untuk desktop dan live CD menempatkan banyak popularitas sebagai sistem operasi portabel. Ubuntu tidak sekecil beberapa calon lainnya di sini, tapi berkat sejumlah faktor, termasuk kejenuhan tinggi di pasar Linux dan mudah untuk menggunakan alat yang membangun fasilitas cakram kanan Flash, Ubuntu menyediakan lebih besar player portabel Anda”.

  40. Portable OS..walaupun saya belum pernah menggunakan os tersebut karena saya lebih sering menggunakan os yang dibuat oleh windows..kalau harus memilih saya memilih ubuntu kenapa karena saya prnah menginstall os tersebut dan merupakan os open source

    Krisnu Ahadi
    0711510289

  41. Menanggapi tentang OS portable, OS portable sangat di burutuhkan pada saat ini. OS protable tidak banyak memakan space memory. karena sangat kecil kita bisa menggunakan flasdisk. Jadi saat ini kita sangat cocok untuk memakai OS portable. Maaf Pak baru comment thank…

    Nama : Azwar Aswad AS
    Nim :0811510429

  42. ubuntu sedang di gandrungi saat ini karena sangat bgus dalam kualitas pada jaman modern ini,
    di samping keamanan y yang susah di jebol,ubuntu juga tidak kalah dengan os lainnya,,Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux didistribusikan dengan banyak program didalamnya (itu sebabnya dikenal istilah distro – dari kata distribusi – Linux). Setelah diinstal, kita akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.
    Dengan waktu instalasi yang hampir sama, kita bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: