Posted by: yudhos | August 6, 2010

Kuliah Pengganti Sistem Operasi 6-Agustus 2010 (KA)

silahkan Baca Artikel berikut : Smart Computing Article – 32-Bit vs. 64-Bit Systems

berikan rekomendasi Anda berdasarkan bacaan tersebut, tuliskan Nim dan nama anda.


Responses

  1. Karena semakin besar bit yang digunakan menentukan kecepatan pada saat komputer sedang mengInstal Program File…dan juga semakin besar bit yang digunakan motherbord juga semakin panas…sehingga kita harus memberikan kipas (Fan) yang bagus….
    Komputer saya menggunakan sistem operasi 32-Bit…
    Nama : Abdul Rozak
    NIM : 0811511120

    terima kasih….

  2. memang untuk 64 bit performancenya sangat baik tapi tergantung dari kebutuhan user masing-masing.
    ada user yang menggunakan 32 bit karena lebih familiar di gunakan dan juga tidak memerlukan spesifikasi komputer yang lebih tinggi terutama prosesor.
    untuk user yang mobilitasnya tinggi dalam penggunaanya baik untuk menggunakan 64 bit karena kecepatannya lebih di bandingkan 32bit.

  3. menyikapi dilema windows 32-Bit Atau 64-Bit, hanyalah penyesuaian user terhadap keperluannya. karena keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. fungsi dan tujuannya menentukan user untuk lebih jeli dalam memilih System tersebut. untuk itu user tidak boleh sembarangan dalam memilih system yang tersedia. jadi banyak user lebih condong ke system 32-Bit untuk digunakan, karena memory yang tersedia pun pas-pasan.

  4. agk rumit ……..

  5. Nama : Ludi Nugroho
    NIM : 0911510212

    Rekomendasi:
    Mengenai masalah teknologi 32-bit dan 64-bit menurut saya tergantung dari kebutuhan pengguna, Apakah menggunakan aplikasi yang mendukung 32/64-bit. Jika pengguna hanya menggunakan komputernya hanya sebagai komputasi dasar seperti program bisnis dll. Maka disarankan menggunakan teknologi 32-bit, tetapi jika menggunakan aplikasi/program yang lebih intesif atau besar seperti CAD tadi atau menjalankan aplikasi server maka sebaiknya menggunakan teknologi 64-bit. Mengapa demikian? Karena teknologi 64-bit menjadikan prosesor berjalan lebih cepat dibanding 32-bit, dan 64-bit sangatlah kuat sistem keamanannya dari serangan malware ataupun Hacker.
    Dan bagi penggunapun tak perlu pusing jika ingin menggunakan , karena beberapa Sistem Operasi yang sekarang menerangkan support teknologinya masing-masing, seperti: Windows 7(32-bit/64-bit) dari Microsoft, dan apabila ingin menjalankan keduanya sebagai Contoh : Mac OS X Snow Leopard dari Apple.

  6. rekomendasi dari saya untuk artikel ini adalah untuk kerja yang maksimal dan mendapatkan hasil yg memuasakan dalam kinerja komputer tentu saja kita bisa memilih yg 64 bit, karena kecepatan yg didapat maksimal , dan 64 bit dapat menangani program2 yg lebih interensif dibandingkan yg 32 bit,
    tetapi apabila kita hanya menggunakan untuk rumahan,kita tidak perlu menggunakan yang 64 bit, karena menggunakan yg 32 bit saya pikir sudah cukup,apabila masih merasa lambat, kita bisa menambahkan RAM atau VGA Card, saya rasa itu sudah cukup untuk memaksimalkan kinerja proc 32 bit yang kita punya,

  7. banyak ke unggulan2 antara komputer 64 bit dan 32 bit,
    namun pada dasar’y semua aplikom kmputer tidak hanya menyimpan sistem sistem yg mendukung antara perangkat dengan beberapa divace yg keterhubungan, seperti 64bit ternyata ada beberapa software yg tidak kompetibel,, dengan 64bit tersebut ,, bgitupun dengan 32bit dengan peforma yg tidak se Max 64bit,,
    namun untuk speed tidak terlihat perbedaan yg menonjol antara kedua’y ,,
    rekomen’y untuk permasalahn ini yaitu dengan menkombinasikan keunggulan2 yg terdapat di komptr antara 32bit dan 64bit , dan tidak memerlukan ke kompetibelan antara devicw dan perangkat yg lain’y ,,,
    semoga rekomen dari saya bisa menjadi inspirans para cybermakerr..
    aminnn ,,,,

  8. banyak ke unggulan2 antara komputer 64 bit dan 32 bit,
    namun pada dasar’y semua aplikom kmputer tidak hanya menyimpan sistem sistem yg mendukung antara perangkat dengan beberapa divace yg keterhubungan, seperti 64bit ternyata ada beberapa software yg tidak kompetibel,, dengan 64bit tersebut ,, bgitupun dengan 32bit dengan peforma yg tidak se Max 64bit,,
    namun untuk speed tidak terlihat perbedaan yg menonjol antara kedua’y ,,
    rekomen’y untuk permasalahn ini yaitu dengan menkombinasikan keunggulan2 yg terdapat di komptr antara 32bit dan 64bit , dan tidak memerlukan ke kompetibelan antara devicw dan perangkat yg lain’y ,,,
    semoga rekomen dari saya bisa menjadi inspirans para cybermakerr..
    aminnn ,,,,

    ANDI SITI AISIYAH
    (0811510064)

  9. maaf pa saya baru bisa ngasih comment untuk kuliah pengganti yang tanggal 6-agustus-2010.

    banyak perbedaan yang harus diketahui antara sistem operasi 32 bit dengan 64 bit, banyak orang mengira semua program / os dapat di pakai semua prosesor tapi nyatanya banyak ketentuan – ketentuan yang harus dilihat, memang 32 bit lebih lambat dari pada 64 bit, tapi untuk prosesor 64 bit itu hanya menangani perhitungan yang sangat kompleks, dan ada beberapa software yang diproduksi untuk sistem 32-bit akan berjalan dengan baik pada sistem 64-bit, tapi ada beberapa tidak akan berjalan dengan baik

  10. sebagai mahasiswa, saya lebih memilih sistem operasi 32 bit menyesuaikan kebutuhan / kepentingan dalam pemakaian komputer. karena perangkat yang saya pakai memiliki kapasitas ram 2Gb dan sesuai dengan sistem operasi 32 bit. lain hal jika perangkat yang akan digunakan untuk pekerjaan2 berat (3Ds Max dll), maka yang dipakai adalah sistem operasi 64 bit.
    intinya sih sesuaikan dengan kebutuhan.

    ridlwan juniawan/0711512343

  11. Nama : Nagara Yogasadewa
    NIM : 0911511756

    Rekomendasi saya setelah membaca artikel tersebut adalah :

    1. Perbedaan OS 32 Bit dengan 64 Bit tersebut pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.

    2.Untuk memilih apakah menggunakan OS 32 Bit atau 64 Bit tergantung pada sistem operasi yang sedang berjalan & hardware yang terdapat didalam PC anda sendiri, jika spesifikasi PC anda hanya memungkinkan untuk menggunakan OS 32 bit, maka lebih baik anda menggunakan OS berkapasitas 32 bit, karena jika software anda & spesifikasi Hardware anda di paksakan berjalan di dalam 64 Bit, maka proses yang berjalan di PC tersebut pun akan makin lambat. Umumnya software-software yang beredar saat ini ditujukan untuk Windows 32-bit.

    3.Saran saya, Jika komputer anda hanya memiliki RAM 4 GB atau kurang, lebih baik memakai OS 32-bit, terutama notebook yang rata-rata hanya memiliki 2 slot memory yang 1 slotnya hanya terisi maksimal 2 GB saja, untuk driver biasanya perusahaan notebook hanya menyediakan driver 32-bit saja.

    4.Saran saya, Jika komputer anda memiliki RAM di atas 4 GB, silakan memakai OS 64-bit, dengan catatan anda tidak dapat menggunakan beberapa hardware lama yang drivernya tidak tersedia oleh produsennya. OS 64-bit hanya berguna untuk bekerja berat, seperti merender 3Ds Max, pokoknya yang berat-berat.

  12. nama : aldi Ridhila
    Nim : 0711511113

    Menurut saya perbedaan yang mencolok antara CPU 64 bit & 32 Bit adalah kecepatan pemerosesan data persatuan waktunya. itu yang paling terlihat karena dari jumlah bitnya aja udah berbeda! kita boleh menafsirkan 64 bit yang terbaik, mungkin benar jika di ikuti dengan software pendukung dan accsesoris yang bisa memaksimalkan kinerjanya! seperti CPU lain pada umumnya! karena setau saya 64 bit masih terbilang baru untuk di negara kita(rata-rata), masyarakat kita juga masih awam dengan perbedaan dua CPU tersebut! kadang mereka membuat/ merakit komputer baru mereka memilih semua periperal yang baru contoh ketika kita di tawarkan Procesesornya mo pake yang 64 bit atau 32 bit, bagi orang yang teliti mungkin akan menanyakan kelebihan masih masing, tapi bagi orang awam yang kebanyakan duit mereka pastinya milih yang lebih besar(64 bit) lalu mereka meng install OS XP karena mereka belum pernah makai Vista Or Seven maka hasilnya gaakan maksimal or mungkin ga Compitible! karena jika ingin membangun sebuah Komputer berbasis Processor berbasis 64 bit, kita harus memperhatikan dari Segi Oprating sistemnya, apakan competible apa ga? kita harus liat komponenlainya seperti motherboard termasuk keyboard, mouse dll. tapi setau saya 64 bit bisa competible dengan periperal 32 bit. jadi ga da salahnya mencoba, asal jangan konyol yang nantinya cuma buang2 uang dan hasilnya ga maksimal!

  13. menurut saya, memang OS 64 bit itu lebih powerful dari yg 32 bit, selain juga karena masih ada compatibilty issue juga. jadi pakailah OS sesuai kebutuhan kita.Jika seorang design dan multimedia OS 64 bit lebih cocok untuk aplikasi yang akan digunakan.

  14. Prosesor 64-bit memang memiliki keunggulan yang lebih dari prosesor 32-bit. Saya lebih suka menggunakan prosesor 32-bit karena lebih simple dan juga tidak membutuhkan memori yang besar seperti pada prosesor 64-bit.
    Memang dengan prosesor 64-bit dapat menangani program yang lebih intensif dari prosesor 32-bit. Tetapi kalau prosesornya 32-bit lebih baik tidak perlu dipaksakan. Toh dengan hanya prosesor 32-bit kita masih bisa menjalankan program-program dengan baik.

  15. Menurut Saya Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.
    Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan 64-bit, dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit. Perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada suatu software Windows ini mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Suatu software yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-Bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-Bit tetapi tidak berlaku untuk semua software.

    Salam,
    HASAN BASRI
    0711512327

  16. 64bit itu memang kemampuan 32bit tetapi menurut saya, kembali lagi apa yang dibutuhkan sipemakai jika dia membutuhkan grafis yang luar biasa memang lebih disarankan menggunakan 64bit seperti software Vista keluaran microsoft sudah dapat menggunakan 64bit.

    Saya sendiri Menggunakan 32bit system .bagi seorang mahasiswa seperti saya rasa tampilan yang wah adalah no2, no1 adalah komputer bisa menampung semua software yang ada dan saya perlukan, belum tentu system64bit dapat menampung semua software yang saya butuhkan dan juga alasan yang kuat yang membuat saya bertahan di system 32bit karna 64bit cukup merogoh kantung sangat dalam karna system ini membutuhkan memory yang cukup besar untuk menampung system operasinya.

  17. Sesuai dengan kebutuhan user memakai yang mendominasi versi 64 bit pada windows yang memiliki muatan yang lebih besar dan efektif dari pada 32 BIT. Untuk 64- bit dapat merespon lebih baik pada berjalan nya program lebih dari satu secara bersamaan walaupun dengan tempat yang berbeda.

  18. Sesuai dengan kebutuhan user memakai yang mendominasi versi 64 bit pada windows yang memiliki muatan yang lebih besar dan efektif dari pada 32 BIT. Untuk 64- bit dapat merespon lebih baik pada berjalan nya program lebih dari satu secara bersamaan walaupun dengan tempat yang berbeda

  19. Dalam membicarakan 32-bit atau 64-bit, hal itu dikembalikan kepada kebutuhan Anda … memang benar 64-bit lebih baik dari pada 32-bit, hal ini dibedakan dengan bagaimana dan berapa banyak data yang dapat di proses …
    tapi itu dikembalikan lagi kepada kebutuhan Anda bila anda suka di bidang design cobalah menggunakan 64-bit system .. namun perlu diingat juga bahwa 64-bit system memerlukan memory yang besar sedangkan 32-bit system tidak ….

    catur imanuel santoso_0811504455_www.bisniskomp.blogspot.com

  20. Menurut saya untuk mementukan apakah kita sebaiknya menggunakan Sistem Operasi 32-bit atau 64-bit hendaknya kita sesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan spesifikasi komputer yang kita punya. Untuk pengguna biasa, rumahan atau small office home office yang hanya biasa dan hanya membutuhkan program-progam biasa atau tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi untuk penggunaan program maka sebaiknya menggunakan Sistem Operasi 32-bit karena dengan menggunakan Sistem Operasi 32-bit sudah mencukupi akan kebutuhan pengguna jenis ini. Untuk pengguna tertentu yang membutuhkan kecepatan tinggi dalam penggunaan program maka akan sangat baik menggunakan Sistem Operasi 64-bit karena dapat mendukung program yang akan dijalankan, misal untuk seorang pengguna program yang membutuhkan kecepatan tinggi maka diperlukan Sistem Operasi yang mendukung dalam hal ini Sistem Operasi 64-bit. Contohnya untuk pengguna Program Auto CAD atau program desain lain yang memerlukan performa sangat tinggi maka kalau memakai Sistem Operasi 32-bit akan memperlambat proses-proses yang sedang dijalankan sehingga akan menghambat kerja user, maka untuk pengguna Program Auto CAD atau Program-program desain yang lain sangat baik digunakan Sistem Operasi 64-bit karena dapat mendukung program yang membutuhkan performa yang lebih cepat.

    Nama : Andreas K.S
    NIM : 0811510668

  21. Nama : Azwar Aswad Andria Saputra
    Nim : 0811510429

    Menurut saya istilah 32bit dan 64 bit mengacu pada cara komputer prosesor (juga disebut CPU), menangani informasi. 64 bit windows menangani sejumlah besar RAM. Jadi saran saya kalau yg punya RAM 4GB atau kurang sebaiknya memakai windows versi 32 bit saja karena OS 64bit hanya bekerja untuk program yang berat-berat saja.

  22. Nama : Antpn Ramli
    Nim : 0811511096

    menurut saya istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor (juga disebut CPU), menangani informasi. 64-bit versi Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit.
    Masalah lain dengan 64-bit adalah kurangnya perangkat lunak yang stabil untuk berjalan di Ferrari ini dunia komputer.

  23. Nama : Anton Ramli
    Nim : 0811511096

    menurut saya istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor (juga disebut CPU), menangani informasi. 64-bit versi Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit.
    Masalah lain dengan 64-bit adalah kurangnya perangkat lunak yang stabil untuk berjalan di Ferrari ini dunia komputer.

    maaf pak ksalahan nama yg datas
    dngan ini saya kirim kembali

    trimakasih .

  24. Nama : Sakti Wibowo
    NIM : 0711512301

    Penggunaan processor 32bit ataupun 64bit sebenarnya lebih diprioritaskan kepada fungsi dan kebutuhan dari pc/komputer itu sendiri. Memang diakui processor 64bit lebih cepat dalam memproses data karena itu dibutuhakan RAM yang besar pula , tetapi akan menjadi sia-sia jika penggunaannya hanya sebatas komputer client karena dapat menelan biaya yang besar dalam infrastruktur dan pengoperasiannya.
    Saya rasa pemilihan processor 32bit sudah cukup untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan sehari-hari user dalam penggunaan secara wajar dan tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu tinggi.

    Terima kasih.

  25. dalam windows 32 bit mungkin semua komputer yang mempunyai spek kecil dapat diinstal..berbeda dengan windows yang 64 bit yang apabila ingin menginstalknya harus mempunyai spek yang lumayan bagus dan cukup untuk menginstall windows dengan 64 bit…

    emang sich di windows 64 bit grafic sangat bagus dan membuat kita menarik…tapi itu semua tergantung si pemakai juga pengen grafic bagus tapi membutuhkan memory yang tinggi….atw grafic tak bagus2 amat tapi hanya memakai memory yang kecil..

  26. Antara OS yang 64 dan 32 bit memang ada kelabihan dan juga kekurangan masing masing…
    dalam hal ini semua tergantung user untuk memilah, menurut kebutuhannya juga…mungkin yang 64 bit memang memiliki daya kerja yang lebih cepat namun kita harus ingat bahwa OS 64 bit harus memenuhi beberapa persyaratan dari hardware yang kita gunakan juga, baik dari memory dan yang lain sebagainya…
    Jadi apabila kita menggunakan sistem yang 32 atau 64 bit alangkah baiknya jika setiap pebdukungnya memenuhi syarat juga sehingga performance komputer kita sesuai dengan yang kita inginkan.

  27. Menurut saya kaca mata saya, perbedaannya sangat mencolok antara CPU 64 bit & 32 Bit adalah kecepatan dalam pemerosesan data dalam persatuan waktunya. itu sangat terlihat karena dari jumlah bitnya aja udah berbeda!pengetahuan saya 64 bit masih terbilang baru untuk di negara kita, masyarakat kita juga masih belum mengenal dengan perbedaan dua CPU tersebut! kadang mereka membuat/ merakit komputer baru mereka memilih semua periperal yang baru,kita harus ingat bahwa cpu 64 bit memiliki persyaratan yang tertentu,sedangkan kita memakai cpu yang 32 bit hardware dan softwarenya masih digunakan sampai saat ini.

  28. Setelah membaca artikel tersebut, dapat di ambil kesimpulan, mengenai rekomendasi pemilihan sistem operasi, antara 32 bit dan 64 bit.Disini semua kembali kepada keperluan masing-masing pengguna sistem operasi tersebut, mungkin untuk saat ini banyak aplikasi yang membutuhkan resources hardware yang cukup besar salah satunya processor 64 bit dengan sistem operasi 64 bit juga tentunya, yang mana aplikasi tersebut tidak dapat berjalan optimal ketika dijalankan pada sistem operasi 32 bit, karena ada beberapa fungsi tidak aktif saat berjalan di atas sistem operasi 32 bit.Untuk saat ini lebih baik menggunakan processor dan sistem operasi 32 bit, karena dukungan software-software untuk processor dan sistem operasi tersebut masih lebih baik dibanding processor dan sistem operasi 64 bit.

  29. Perbedaan paling jelas antara 32 bit dan 64 bit adalah jumlah RAM sistem dapat digunakan. Batas pada 32 bit 4Gb RAM , sedangkan sistem operasi 64 bit ( OS ) dapat menggunakan hingga 8Tb (128 dalam 64 bit Vista , dan 192Gb di Tujuh ).

  30. 0911510147_Hendri setiarso

    Menurut saya :
    Untuk OS 64 bit performancenya sangat baik dan memproses datanya lebih cepat dari pada OS 32 bit. Akan tetapi , windows OS 64 bit lebih baik diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan atau yang sufah mendukung untuk 64 bit.
    Rata – rata orang yang mengunakan OS 64 bit adalah para desainer grafis, ataupun arsitek yang memerlukan grafic yang sangat baik..
    jadi semua tergantung kebutuhan dan keinginan yang anda perlukan.

  31. Menurut saya, 64bit memang lebih powerfull dan reliable, hanya saja saat ini belum bisa diimplementasikan secara penuh. Banyak yang beranggapan compatibilty issue masih hinggap di 64 bit.

    Bagi saya, untuk saat ini 32 bit sudah cukup.

    Terima kasih

    Nama: Ahmad Faruq
    NIM: 0811510676

  32. Kalau menurut artikel-artikel yang saya baca, Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor menangani informasi. kalau OS versi 64-bit menangani Random Access Memory (RAM) lebih efektif dari pada OS versi 32-bit.
    Manfaatnya menggunakan OS versi 64-bit terlihat jelas ketika kita mempunyai RAM dalam jumlah besar yang terpasang pada komputer, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Dalam kasus tersebut, karena 64-bit sistem operasi dapat menangani sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada sistem operasi 32-bit.
    Jadi secara garis besar perbedaan processor 32-bit dan processor 64-bit sendiri terletak pada unit registernya (unit penyimpanan data terkecil di dalamnya).

  33. hario wicaksono
    0811511021

    32-bit dan 64-bit mengacu pada arsitektur processor.
    Processor 32-bit artinya register2 nya (unit penyimpanan data terkecil di dalamnya) berukuran 32 bit.
    Processor 64-bit artinya register2 nya berukuran 64 bit.
    ( Register2 ini lah yang digunakan untuk melakukan macam2 operasi. Misalnya c = a + b, maka register “eax” akan me-load nilai dari “a” (di memory), kemudian pada register “eax” ditambahkan nilai dari “b”, lalu “eax” ditulis ke memory pada posisi variabel “c” )

  34. setelah membaca artikel tersebut saya memberikan rekomendasi bahwa arsitektur 64 bit memang lebih bagus dari pada 32bit. Namun, kenyataannya saat ini tidak semua menggunakan hardware dan software mendukung system 64 bit. masih ada produsen hardware dan software yang masih mengembangkan produknya di 32 bit. jika anda mempunyai software multimedia yang sudah High end atau anda yang bekerja dengan menggunakan multimedia tinggi, system 64 bit cocok dengan spesifikasi pekerjaan anda.

  35. kalo menurut saya lebih baik yang 64 bit karena semakin lebih besar bitnya semakin bagus performa komputer
    sehingga sangat membantu kita dalam mengopersikan komputer dan OS yang menggunakan 64 bit lebih stabil dan lebih bagus dan sistem securitynya juga sangat bagus
    nama:mohamad yudhi saputra
    nim:0711511592

  36. kalo menurut saya lebih baik yang 64 bit karena semakin lebih besar bitnya semakin bagus performa komputer
    sehingga sangat membantu kita dalam mengopersikan komputer dan OS yang menggunakan 64 bit lebih stabil dan lebih bagus dan sistem securitynya juga sangat bagus
    nama:mohamad yudhi saputra
    nim:0711511592

  37. Nama : Wibowo Sulistiyo
    NIM : 0711511618

    Kalo menurut saya…semua itu sesuai dengan kebutuhan masing-masing…mau 32bit, mau 64bit semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
    dalam beberapa hal sistem 64bit memang lebih cepat dibanding 32bit, tapi sistem 64bit memakan memory yang lebih banyak juga ketimbang 32bit. Jadi kalo memang kebutuhan (misalnya : komputer pribadi) yang kebutuhannya hanya untuk ms. office atau browsing2 aja seh 32bit sudah cukup….sedangkan untuk seorang designer, mungkin komputer dengan sistem operasi 64bit akan lebih membantu saat proses rendering dan semacamnya…

    terimakasih.

  38. 32-bit dan 64-bit mengacu pada arsitektur processor.
    Processor 32-bit artinya register2 nya (unit penyimpanan data terkecil di dalamnya) berukuran 32 bit.
    Processor 64-bit artinya register2 nya berukuran 64 bit.
    agar supaya kita dapat memperoleh keunggulan sistem 64-bit, maka baik software dan hardware harus mendukung.
    Software 32-bit jalan di hardware 64-bit tidak bisa memanfaatkan kelebihan arsitektur 64-bit. (Software hanya akan menggunakan 32-bit saja dari 64-bit yang tersedia; 32-bit sisanya tidak dikenali) disebut mode 32-bit.
    Sebaliknya, software 64-bit tidak bisa jalan di hardware 32-bit karena kebutuhannya akan lebar register 64-bit tidak bisa dipenuhi.
    Nama : Krisnu Ahadi
    Nim : 0711510289

  39. 32-bit dan 64-bit mengacu pada arsitektur processor.
    Processor 32-bit artinya register2 nya (unit penyimpanan data terkecil di dalamnya) berukuran 32 bit.
    Processor 64-bit artinya register2 nya berukuran 64 bit.
    agar supaya kita dapat memperoleh keunggulan sistem 64-bit, maka baik software dan hardware harus mendukung.
    Software 32-bit jalan di hardware 64-bit tidak bisa memanfaatkan kelebihan arsitektur 64-bit. (Software hanya akan menggunakan 32-bit saja dari 64-bit yang tersedia; 32-bit sisanya tidak dikenali) ==> disebut mode 32-bit.
    Sebaliknya, software 64-bit tidak bisa jalan di hardware 32-bit karena kebutuhannya akan lebar register 64-bit tidak bisa dipenuhi.

  40. NAMA : FX Andi Gaviantoro
    NIM : 0911510121

    Bagi saya 32 bit sudah cukup karena sudah sesuai dengan kebutuhan saya.

  41. 32 bit ataupun 64 bit mengarah pada lebar data register prossesor. Nilai ini mengacu pada banyaknya alamat pada memori yang dapat disimpan dalam address register. Pada 32 bit CPU, alamat memori yang dapat dipakai adalah sebanyak 2^32 atau sama dengan 4 gigabyte RAM. Sementara pada 64 bit CPU, alamat memori yang dapat dipakai adalah sebanyak 2^64 atau sama dengan 4 gigabyte lebih. Komputer 32bit tidak bisa menjalankan software untuk komputer 64bit, tetapi komputer 64bit dapat menjalankan software yang dibuat untuk komputer 32bit. Sistem 64 bit terkadang kekurangan dukungan aplikasi dibandingkan dengan sistem 32bit

    Nama : Octraviani
    NIM : 0711512202

  42. hmm… saya kira artikelnya bakal membahas secara equal system 32 bit dan 64 bit.. eh ternyata sang penulis memang lebih cinta kepada 64 bitnya… sebenarnya perbedaan 32 bit dan 64 bit saya sependapat dengan Octra, klo 32 bit dapat menampung memory hanya hingga 4GB saja sedangkan klo 64 bit bisa lebih dari itu….
    “note: memory yang dimaksud itu adalah RAM

    selain itu sistem 64 bit(8byte) jalur/lebar pengolah datanya lebih besar dari 32 bit(4byte) tentu akan terasa lebih cepat apabila dalam mengolah data yang berhubungan dengan grafis. walaupun dalam masalah kecepatan pengolahan data hampir tidak berbeda tapi sama halnya seperti kita lewat jalan jalur 4 dengan jalur 8 yang bedanya dapat menampung lebih banyak muatan yang diolah..

    Tapi.. ada tapinya neh…. klo mo upgrading dari 32 bit ke 64 bit itu gak mudah, kata diartikelnya aja gak bisa langsung walaupun mesinnya mendukung proses 64 bit tapi gak bisa langsung upgrade dari 32 bit ke 64 bit, melainkan harus install lagi dari dvd osnya yang 64 bit langsung…

    jadinya intinya software di 32 bit bisa dipake di 64 bit(jalur 4 data bisa masuk jalur 8), and software 64 bit gak bisa dipake 32 bit(jalur 8 gak bisa dipaksa masuk jalur 4)…dan64 bit memang unggul segala – galanya, tapi tergantung kebutuhan dan dana juga sihh.. klo dananya gak kuat ya pake 32 bit aja dulu, coz klo mo upgrade 64 bit berarti musti upgrade mesin dan onderdilnya semua dong… dan kayaknya harganya masih muahaalll…. dan klo menurut kebutuhan saya rasa 32 bit masih cukup sangguplah buat menghandle kegiatan anak kuliahan kaya saya yang aplikasinya paling banter 3d studio max sama game pointblank doang….

    Maksudnya kepengen 64 bit tapi dana mentok di 32 bit…

    oh ya.. kayanya 64 bit boros sumber tenaga ya??

    oke skian dan terima kasih…

    moga2 gak cuma jadi junk doank ato sekedar page one..

    Nama: Galih Binuko
    NIM: 0811510965

  43. Saya sering mendengar komentar-komentar yang menyatakan bahwa komputer 64-bit jauh lebih cepat dari yang 32-bit. Sebetulnya ini tidak selalu benar, karena pada kenyataannya, komputer 64-bit malah bisa lebih lambat di beberapa kasus. Secara ringkas, kelebihan teknologi 64-bit adalah pada kapasitasnya.

    mmh . . analoginya seperti jalan satu jalur yang kemudian diperlebar menjadi dua jalur– maka secara teoritis kita bisa menikmati peningkatan performa sampai dua kali lipatnya dan secara logika membutuhkan source memory yang banyak. Jadi pada aplikasi yang sangat intens mengolah data di memory, seperti rendering,matematika,database, encoding, multimedia; mungkin bisa dirasakan peningkatan performanya jika didukung kapasitas memory yang besar.

    Agar kita dapat mempergunakan keunggulan sistem 64-bit, maka baik software dan hardware harus mendukung dan memiliki fitur 64 bit tersebut. Software 32-bit jalan di hardware 64-bit namun tidak akan bisa memanfaatkan kelebihan arsitektur 64-bit (software hanya akan menggunakan 32-bit saja dari 64-bit yang tersedia, 32-bit sisanya tidak dikenali (disebut mode 32-bit). Sebaliknya, software 64-bit tidak bisa jalan di hardware 32-bit karena kebutuhannya akan lebar register 64-bit tidak bisa dipenuhi.

    anti pertamax :love indonesia, ganyang malingshit:

    Nama : Adi Kurniawan
    NIM : 0711511071

  44. assalamualaikum
    Untuk artikel ini saya merekomendasikan untuk memakai windows yang 64-bit dibandingkan dengan windows yang 32-bit dikarenakan “semakin besar bit yang digunakan maka semakin bagus performance-nya”.
    Tapi sama seperti rekomendasikan teman-teman sebelumnya, untuk windows 64-bit memerlukan “onderdil” komputer yang bagus. Sedangkan untuk windows 32-bit saya rasa sudah cukup bagus untuk pemakaian biasa/standar.
    Kembali lagi tergantung pemakaian si user sendiri untuk keperluannya hehe

    wasallam
    NIM : 0811505007
    Nama : Denie Gunawan

  45. Sebetulnya komputer 64 bit memeng cepat dibandingkan 32 bit ,akan tetapi Sebuah prosesor 64-bit yang dapat menangani 64 bit data pada satu waktu, sementara prosesor 32-bit hanya dapat menangani 32 bit. Dengan demikian, prosesor dapat menangani program-program 64-bit yang lebih intensif dari prosesor 32-bit, karena chip 64-bit dapat memproses lebih banyak data per siklus clock.
    Rekomendasi saya adalah “Kalau user memerlukan penggunaan yang lebih maka gunakan komputer 64 bit , Tetapi kalau hanya setandart pemakaian maka 32 bit sudah cukup untuk PC rumahan”.

  46. NAMA : YENNY YULIANA
    NIM : 0711511634

    menurut saya sebenarnya antara 32 bit dan 64 bit ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. tergantung kebutuhan setiap orang. kalo 64 bit , memerlukann memory yang besar tapi bagus untuk design. kalo cuma untuk pekerjaan2 kantoran sperti Ms. Office cukup dengan menggunakan 32 bit saja.

  47. Menurut saya memang benar sich lebih baik memakai Windows yang berukuran 64-bit dibandingkan dengan windows yang memakai 32-bit. Karena pengaruh ukuran register terhadap kecepatan Setiap proses baca/tulis dari memory membaca/menulis informasi sebesar ukuran register; maka register 64-bit potensial membaca/menulis memory 2x kecepatan register 32-bit. Tapi ini teoretis saja, karena kenyataannya prosesor juga menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal lain selain load/store, seperti pemrosesan matematis, dll. kembali lagi seperti yang saya bicarakan memang jika kita memakai 32-bit akan terasa kurang nikmat aja apalagi sekarang kita sering memakai komputer-komputer bagus..

  48. saya merekomendasikan yang 64-bit, karena semakin cepat kita dapat mengakses aplikasi yang kita jalankan
    seiring waktu berjalan,kapasitas komputer semakin ke depan pasti meningkat,,jadi alangkah baik ya menggunakan yang 64-bit…
    klo ada yang 128-bit pakailah yang 128-bit..semakin kencang aplikasi yang bekerja…
    buat apa ada yang lebih besar pakai yang kecil,,,tapi itu juga di sesuaikan jga dengan badget kita,..

  49. Bagi saya windows 32bit dan 64bit sangat jauh bedanya tapi saya lebih suka memakai windows64bit di bandingkan 32bit karena lebih cepat disegala prosesnya…tk


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: